Beranda Pendidikan PTM Terbatas, SMP Islam Al Azhar BSD Metland Gelar Praktik Life Skill

PTM Terbatas, SMP Islam Al Azhar BSD Metland Gelar Praktik Life Skill

SMP Islam Al-Azhar
Siswi SMP Islam Al-Azhar tengah mengolah makan makanan lokal menjadi makanan yang berpotensial.

CILEUNGSI-RADAR BOGOR, Dalam rangka menyambut hari pangan nasional, siswa SMP Islam Al Azhar BSD Metland, Cileungsi, Kabupaten Bogor melaksanakan PTM terbatas berbasis potensi budaya lokal melalui kegiatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic).

Dukung PTM, Gojek Perkuat Prokes di 80 Sekolah Dengan Hibah Alat Kesehatan

Kepala SMP Islam Al Azhar BSD Metland Agus Salim menjelaskan, dalam kegiatan ini siswa tidak hanya belajar secara teori, juga dilatih memiliki life skills sebagai wujud dari pembelajaran abad 21 yang juga senada dengan motto dari SMP Islam Al-Azhar BSD Metland yaitu “where the bright future start”.

pmb universitas nusa bangsa bogor

“Dengan menyambut hari ketahanan pangan nasional, SMP Al Islam Azhar mengambil materi STEAM dengan mengolah makan makanan lokal menjadi makanan yang berpotensial,” kata Agus Salim kepada Radar Bogor, Rabu (13/9/2021).

STEAM sendiri adalah sebuah pendekatan atau model pembelajaran yang memadukan lima disiplin ilmu secara harmonis untuk melengkapi dan sebagai dasar dari model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning).

Kegiatan pembelajaran STEAM kali ini siswa SMP Islam AL Azhar Metland diajak untuk menggali dan menginovasikan potensi budaya lokal, seperti membuat tempe daun singkong, cuka kelapa, gula singkong, dan lain sebagainya.

“Hasil pembelajaran berbasis STEAM kali ini akan dipamerkan dalam bentuk display dan karya tulis ilmiah di hari ketahanan pangan,” tambahnya.

Agus Salim berharap melalui kegiatan ini mampu melahirkan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, dan berkreativitas sehingga mereka mampu bersaing di era globalisasi.

“Semoga dengan adanya pembeajaran ini siswa dapat mengali potensi dari bahan lokal, sehingga nantinya dapat menjadikan produk lokal asli Indonesia yang bisa bekembang hingga ke luar negri,” pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep