25 radar bogor

Gempa Guncang Garut, Tidak Potensi Tsunami

Ilustrasi gempa Bogor
Ilustrasi gempa Sumedang

RADAR BOGOR, Gempa tektonik bermagnitudo 3,9 mengguncang wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat waktu kejadiannya pada Selasa pagi, 12 Oktober 2021 pukul 05.23 WIB.

Prakiraan Cuaca: Bogor Diprediksi Hujan Siang Hingga Dini Hari

Hasil analisis BMKG, posisi sumber gempa berada pada koordinat 7,85 derajat Lintang Selatan dan 107,28 derajat Bujur Timur. Lokasi tepatnya berada di laut selatan Jawa yang berjarak sekitar 96 kilometer arah barat daya Kabupaten Bandung.

Namun begitu BMKG menyatakan nihil potensi tsunami. Gempa tergolong dangkal dengan kedalaman 29 kilometer. “Gempa akibat penyesaran pada bagian dalam lempeng Eurasia,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho lewat keterangan tertulis, Selasa 12 Oktober 2021.

Dampak gempa seperti digambarkan peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Garut dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Getaran dirasakan mulai oleh beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga terasa di dalam rumah seakan ada truk yang berlalu.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan dan gempa susulan hingga pantauan pukul 05.50 WIB dinyatakan nihil.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Editor: Rany
Sumber: BMKG