25 radar bogor

Panaskan Mesin, Undang Parpol Ngobrol Soal Pemilu di Podcast KPU Corner

KPU Kabupaten Bogor
Ketua KPU Kabupaten Bogor bersama jajarannya ketika mengundang salah satu ketua partai ke podcast KPU.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Jelang pemilu mendatang, KPU Kabupaten Bogor mulai memanaskan mesin dengan mengundang para ketua partai politik ke kantornya secara bergantian. Mereka diajak ngobrol soal partai dan kepemiluan lewat Podcast KPU Corner.

KPU Minta Pemkab Anggarkan Rp 200 Miliar Persiapankan Pilkada 2024

Koordinator Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Bogor Herry Setiawan mengatakan, KPU Corner merupakan wadah yang di dalamnya meliputi kursus dan pelatihan (courses), berita (news) dan ulasan isu-isu aktual (reviews).

“Ini upaya kami memberikan pendidikan kepemiluan kepada pemilih. Kami membuat playlist video Youtube pada channel KPU Kabupaten Bogor yang berisi konten-konten kepemiluan,” kata Herry, Minggu (10/10/2021).

Herry menjelaskan, video yang disajikan di dalam channel tersebut menggunakan set yang casual dan dikemas dalam nuansa keakraban ala millenial.

“Tentu harapannya, dapat menarik perhatian para pemilih muda untuk terlibat aktif dalam kerja-kerja kepemiluan,” katanya.

Selain itu, ia menuturkan salah satu materi yang sedang digarap KPU Corner adalah soal kepartaian. Pihaknya mengundang seluruh ketua parpol untuk sharing seputar visi misi partai hingga aktivitasnya.

“Ini sedang berjalan, sudah beberapa yang hadir ke sini seperti Partai Garuda, PKB, Gerindra, Nasdem, PDI Perjuangan dan lainnya. Intinya kita akan undang semua ketua partai yang ada untuk ngobrol soal kepartaian dan kepemiluan,” tambahnya.

Dirinya berharap program ini bisa mengenalkan kepada masyarakat secara luas. Karena, format podcast lewat Youtube dipilih lantaran kebanyakan saat ini biasa mengakses informasi lewat aplikasi digital.

“Kita ingin masyarajat juga mengetahui soal kepartaian, kepemiluan dan hal-hal yang menyangkut KPU. Dengan format digital ini juga jadi lebih mudah diakses,” harapnya

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengaku,, KPU Corner ini akan menjadi rangkaian menuju diresmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Bogor.

“Kontennya misal kita punya simulator untuk e-voting, kita punya database digital hasil peta politik dari tahun 2004, dan itu per-TPS bisa dilihat. Ada juga electoral games dan aplikasi-aplikasi pendukung lainnya terkait kepemiluan,” kata Ummi.

Lebih lanjut, Ummi menjelaskan, ingin materi kepemiluan bisa dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan lewat digital atau e-learning.

Bahkan, atas inovasi ini, RPP Digital KPU Kabupaten Bogor terpilih menjadi yang terbaik se-Jawa Barat untuk tingkat KPU kabupaten dan kota.

“Kita ingin KPU terus berinovasi untuk e-learning, salah satunya lewat Better itu. Sekarang kami juga punya Podcast KPU. Dengan digitalisasi ini juga jadi tidak membatasi kami untuk memberikan edukasi kepada pemilih, seperti saat pandemi ini,” pungkasnya
(abi)

Editor : Yosep