25 radar bogor

Kemkominfo Bersama Asosiasi Helth Tech Indonesia Perkenalkan Platform Digihealth.id

Digihealth.id
Dari kiri, Dr. Ir. I Nyoman Adhiarna, M.Eng selaku Dir. Ekonomi Digital Kominfo pada acara sosialisasi yang bertajuk Sosialisasi Platform Digihealth.id

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, bersama Asosiasi Health Tech Indonesia menyelenggarakan sosialisasi yang bertajuk Sosialisasi Platform Digihealth.id, dalam Menghadapi Stress di Masa Pandemi kepada asosiasi kesehatan dan tenaga kesehatan di seluruh penjuru Indonesia.

Bareng Luna Maya, Kemenkominfo Kampanyekan Penggunaan Medsos Bertanggungjawab

Acara diisi oleh Samuel Abrijani Pangerapan, selaku Dirjen Aptika Kominfo. Juga Nyoman Adhiarna selaku Dir Ekonomi Digital Kominfo, dan Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDMK. Juga dokter Gina Anindyajati.

Sosialisasi platform Digihealth.id dilakukan karena melihat keadaan tenaga kesehatan kerap mengalami stress akibat prosedur dan koordinasi yang rumit dan banyak kendala seperti, pencatatan dan pengarsipan data yang menumpuk, ataupun tidak sempat untuk mengikuti pelatihan-pelatihan karena terkendala jarak.

Selain itu, banyak juga tenaga kesehatan yang tertekan akibat kesulitan dalam mencari pekerjaan di bidang kesehatan karena sedikitnya akses informasi lowongan kerja dan lokasinya cukup jauh.

“Sektor kesehatan semakin terdigitalisasi seiring perkembangan zaman terlihat dari kemudahan layanan telekonsultasi dan telemedicine yang memudahkan pasien, ataupun layanan reservasi secara online,” ujar Nyoman Adhiarna kepada Radar Bogor kemarin.

Mengikuti perkembangan zaman, tenaga kesehatan harus semakin profesional dan mampu beradaptasi, pada konteks ini peran kesehatan digital menjadi hal yang penting dalam membantu keseharian tenaga kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan kegiatan di lapangan.

Digihealth.id

Namun, layanan digital di sektor kesehatan masih berfokus pada layanan untuk kenyamanan pasien dan sampai saat ini belum ada sebuah platform digital yang dapat mewadahi kebutuhan-kebutuhan para tenaga kesehatan di Indonesia.

Menyadari hal ini, Kemkominfo bersama Asosiasi Healthtech Indonesia memperkenalkan platform Digihealth.id yang mempermudah tenaga kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan kesehatan digital serta memudahkan dalam mencari kerja terkait kesehatan digital.

“Platform yang mendigitalisasi kebutuhan tenaga kesehatan ini merupakan salah satu fokus Kementerian Kominfo dalam mendorong adopsi teknologi digital di sektor strategis, terutama sektor kesehatan, dan dengan adanya pandemi Covid-19 menjadi momentum yang sangat penting untuk mempercepat adanya transformasi digital bagi para tenaga kesehatan,”tuturnya.

Platform Digihealth ini hadir dengan domain https://digihealth.id/. Platform ini dapat menjadi solusi LEARN untuk para tenaga kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan, keahlian, dan profesionalitas, serta bisa mendapatkan Satuan Kredit Profesi (SKP) dengan berpartisipasi dalam webinar atau pelatihan daring dari https://digihealth.id/.

“Selain itu juga menjadi solusi EARN dimana Digihealth.id berusaha untuk menjadi jembatan bagi tenaga kesehatan sehingga memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan yang diminati dan sertifikasi yang dimiliki terutama di bidang digital,”tukasnya. (all)