25 radar bogor

JMI Gelar Turnamen Wild Fishing Tournament Open 2021 di Setu Pemda

Wild Fishing Tournament Open 2021
JMI menggelar Wild Fishing Tournament Open 2021 di Setu Pemda di area Setu Pemda, Sabtu (9/10/2021).

BOGOR – RADAR BOGOR, Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya menggelar event perdananya bertema Wild Fishing Tournament Open 2021 di area Setu Pemda, Sabtu (9/10/2021).

Kembangkan Desa Wisata Setu Lebak Wangi, Pemda Dapat Bantuan Wamendes PDTT

Wild Fishing Tournament Open 2021 digelar dalam rangka riset dan penelitian habitat asli penghuni air tawar Setu Pemda, diikuti oleh puluhan jurnalis pehobi mancing yang menjadi member JMI yang berpusat di Jakarta dan Bogor Raya.

Ketua Umum JMI Firman Wibowo mengatakan, kegiatan JMI tidak semata menyalurkan hobi memancing. JMI juga memiliki segudang program sosial kemasyarakatan dan pelestarian alam yang dilaksanakan sejak 2017.

“Minggu kemarin kami baru melaksanakan donasi anak nelayan, penanaman pohon Magroe di Pulau Tunda, Kepulauan Banten. Sebelumnya kami juga telah menggelar pelatihan usaha budidaya ikan Nila di Bogor. Selanjutnya kami akan terus menggelar kegiatan positip berbasis enterpreneur bagi para jurnalis,” jelas Bowi, sapaan akrab Firman Wibowo.

Ketua Umum JMI Bogor Raya, Billy Adhiyaksa menyebutkan, kegiatan memancing telah rutin digelar JMI. Namun kali ini, jelas Billy, JMI sengaja memilih Setu Pemda sebagai kawasan observasi untuk selanjutnya dilaksanakan penyebaran benih ikan.

“Wild Fishing Tournament Open 2021 ini digelar khusus untuk mengetahui ikan apa saja yang hidup di Setu Pemda. Kami menjumpai banyak ikan predator pengganggu sejenis gabus yang dilombakan untuk ditangkap. Sementara ikan lain kami lepas kembali,” ujar Billy.

Billy juga mengatakan, Wild Fishing Tournament Open 2021 yang bertempat di area belakang Pendopo Bupati Bogor tersebut, juga menjadi pijakan JMI untuk berkerjasama dengan para pihak dalam upaya pelestarian ekosistem air tawar di kawasan Bogor dan sekitarnya.

“Kami memiliki program tebar benih ikan atas kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan maupun Dinas Peternakan dan Perikanan. Selanjutnya kami akan menebar bibit ikan agar ekosistem tetap terjaga,” urainya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Otje Subagja yang hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan positif yang dilaksanakan stakeholder seperti JMI sangat dibutuhkan Kabupaten Bogor yang dikelilingi 93 danau sebagai kawasan resapan air.

“Setiap tahun kami rutin menebar ikan di setu-setu atau danau di Kabupaten Bogor. Kami berharap upaya observasi seperti ini dapat dilakukan di sejumlah setu di Kabupaten Bogor sebagai upaya bersama menjaga kelestarian alam,” ujar Otje yang hadir beserta jajaran Disnakan Kab Bogor.

Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan. Irwan mengatakan, siap memberikan dukungan dan kolaborasi bersama JMI maupun setiap stakeholder yang melakukan upaya-upaya baik untuk kemajuan Kabupaten Bogor.

“Keberadaan JMI harus berdampak baik untuk para jurnalis dan masyarakat luas. Kami siap berkolaborasi dan mendukung kegiatan JMI,” pungkasnya. (*)