25 radar bogor

Pemkot Bogor Bangun Pusat Kuliner Baru di Sempur

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membangun pusat kuliner baru yang diarahkan menjadi destinasi wisata kuliner di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Divaksin Sambil Wisata Kuliner, Warga Gunung Putri Ngaku Lebih Nyaman  

Sebanyak 120 pedagang kaki lima (PKL) nantinya bakal menempati pusa kuliner baru Fodcourt Sempur yang kini tengah dibangun oleh PT Mayora.

“Bogor agar indah dan cantik kita harus tata. Hari ini melanjutkan penataan Kota Bogor, khususnya bagi pedagang kecil, mikro, dan juga pengusaha UMKM,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim usai peletakan batu pertama pembangunan pusat kuliner baru di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (8/10/2021).

Dedie menjelaskan, dengan adanya pusat kuliner baru untuk PKL melalui pembangunan foodcourt, mereka bisa naik kelas.

“Jadi yang awalnya tidak punya alamat, tidak jelas jualan dimana, kemudian kejar-kejaran dengan Satpol PP. Kita berikan fasilitas, intinya dari informal jadi formal,” katanya.

“Formalnya bagaimana? Jadi punya tempat. Ada pemeliharaannya, pembinaannya, dan kita tingkatkan mutu kesehatan dan pioritas dari lingkungannya (Kelurahan Sempur),” katanya.

Menurut Dedie, para PKL yang akan ditata kemudian lokasinya dibangun pusat kuliner baru antara lain, Samping Kejaksaan Negeri Kota Bogor, Samping Perumahan Yasmin, Jalan Binamarga dan di Jalan Malabar.

“Jadi saya berterimakasih dengan Mayora, teman-teman dinas UMKM (Dinas Koperasi dan UMKM),” katanya.

Kemudian, sambung Dedie, pihaknya juga membahas tentang kemungkinan pemindahan PKL Jalan Cermai ke area Sempur, atau membaginya dengan Perumda Pasar Pakuan Jaya untuk penataan sentra kuliner di Taman Kencana yang selama ini dinilai belum efektif.

“Kita juga melibatkan CSR dari PT Mayora, jadi bukan hanya BJB yang selama ini sudah berkomitmen untuk membangun sarana penataan sentra kuliner di Sempur, tetapi juga ada keterlibatan dengan PT Mayora,” tukasnya.

Kegiatan peletakan batu pertama pusat kuliner baru itu dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor Samson Purba, Kepala Disperumkim Kota Bogor Juniarti Estiningsih, Camat Bogor Tengah Abdul Wahid, dan Lurah Sempur Dicky Pratama.(ded)

Editor : Yosep