25 radar bogor

Percepatan Vaksinasi Kabupaten Bogor Terkendala Luas Wilayah

Warga mengikuti vaksin massal di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. foto : Hendi
Warga mengikuti vaksin massal di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. foto : Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten Bogor terus lakukan pencapaian percepatan vaksinasi.

Waduh, Pembangunan 250 Huntap Terancam Batal

Musababnya, saat ini vaksinasi di Kabupaten Bogor baru mencapai 40 persen untuk dosis pertama. Sedangkan dosis kedua 29,47 persen.

Sementara pada Desember mendapat, Pemda Bogor targetkan vaksinasi mencapai 70 persen.

“Sasaran kabupaten bogor 8.2 jt dosis. Capaian kita sudah hampir 2.5 jt dosis, ini saja setara dengan beberapa wilayah lain di Jawa Barat,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Adang Mulyana.

Adang menjelaskan, saat ini, rata-rata per hari sudah 50 ribu dosis.

“Optimis pasti, karena saat ini stok vaksin ada sekitar 1.023.000 dosis cukup untuk 20 hari kedepan. Tapi kita banyaknya untuk dosis ke 2,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Ade Yasin mengatakan, sampai 4 Oktober, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 1.715.862 atau setara 40,60%.

Sementara vaksinasi dosis kedua sudah di angka 734.013 atau setara dengan 29,48%. Dan dosis ketiga di angka 9.888 itu untuk Nakes sebesar 75,33%. Jadi total tercapai 2.459.763.

Ia menegaskan, untuk ketersediaan vaksinasi masih cukup. Hanya saja ada kendala berkaitan dengan kesulitan jangkauan karena luasnya wilayah kabupaten.

“Upaya ini kami lakukan agar 50 ribu vaksinasi per hari bisa tercapai. Untuk itu dirinya berharap kepada Pemerintah Pusat terus membantu memenuhi kebutuhan dosis vaksinasi dan memenuhi kebutuhan nakes,” tutupnya. (Abi)

Editor: Rany