25 radar bogor

IWAPI Tanam 450 Bibit Pohon dan Sebar 8000 Benih Ikan di Sungai Ciliwung

Iwapi
Iwapi menebar benih di kawasan Bantaran Hulu Sungai Ciliwung di Griya Katulampa, RT.03/10, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis (07/10/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 8.000 benih ikan dan 450 benih tanaman di sebar IWAPI Pusat di Kecamatan Bogor Timur dan Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Wujud Kebanggaan, Iwapi Rutin Perkenalkan Batik

Penanaman benih pohon dan sebar benih ikan secara simbolis dilakukan Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad, Wakil Walikota Bogor, Dedie A.Rachim, Pendiri IWAPI sekaligus tokoh nasional, Dewi Motik Pramono, Ketua Umum DPP IWAPI, Nita Yudi dan Wakil Ketua Umum V DPP IWAPI, Hana Hassannah Fadel di kawasan Bantaran Hulu Sungai Ciliwung di Griya Katulampa, RT.03/10, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis (07/10/2021).

Penanaman 450 bibit tanaman dan penyebaran 8.000 benih ikan, menurut Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat, khususnya di masa pandemi saat ini.

Kegiatan yang dilakukan IWAPI hari ini lanjut Fadel relevan dengan kegiatan pemerintah dan juga relevan dengan kebutuhan masyarakat.

Penanaman bibit pohon dan penyebaran benih ikan yang dipilih IWAPI menjadi sangat tepat mengingat besarnya manfaat bagi masyarakat dari kedua kegiatan tersebut, baik dari sisi ekologi dan ekonomi.

“Kami di MPR sangat senang sekali dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat karena memiliki dampak yang sangat besar serta dibutuhkan dan langsung menyangkut dengan kepentingan masyarakat selain tentunya langsung dirasakan oleh masyarakat. Semoga ini berkelanjutan dan dapat dilaksanakan di daerah-daerah lain di Indonesia,” kata Fadel.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim yang hadir didampingi Camat Bogor Timur dan Lurah Katulampa berharap melalui kegiatan penanaman bibit pohon dan penyebaran benih ikan di wilayah hulu Sungai Ciliwung mampu mengubah sungai ciliwung menjadi kawasan lebih baik.

Ditempat yang sama, Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi, mengharapkan agar warga di RT atau RW penyebaran benih bisa menjadi kampung binaan IWAPI, melalui budidaya ikan lele sehingga nantinya akan menumbuhkan dan membangkitkan ekonomi keluarga yang pada akhirnya memberikan kesejahteraan.

“Semoga pohon-pohon yang ditanam memberikan manfaat untuk lingkungan, membantu pelestarian dan mencegah banjir,” harap Nita Yudi.

Wakil Ketua V IWAPI Pusat, Hana Hasanah Fadel yang juga istri Fadel Muhammad dalam laporan menuturkan benih pohon yang ditanam disebar di dua titik yakni 300 di Kecamatan Bogor Timur dan 150 di Kecamatan Bogor Selatan.

Terdiri dari benih pohon mangga, manggis dan jeruk. Dirinya menyebutkan apa yang dilakukan IWAPI semoga bisa memberi manfaat bagi warga kegiatan tersebut menjadi bukti peran serta IWAPI dalam ikhtiar membantu menjaga pelestarian konservasi lingkungan dan mencegah bencana banjir.

Direktur Perbenihan Dirjen Perikanan dan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan Nono Hartanto, yang hadir mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan, menjelaskan benih ikan yang diberikan merupakan jenis ikan endemik Indonesia.

“Karena kegiatan hari ini menyangkut back to nature, untuk sayang dan peduli lingkungan. Bapak Menteri selalu menyampaikan sekarang kita harus memperhatikan ekologi karena dengan memperhatikan ekologi maka ekonomi kita dapat. Namun jika hanya memperhatikan ekonomi terus, mungkin nanti ekologinya tidak bertahan lama dan secara ekonomi tidak sustainable,” kata Nono Hartanto.(ded)

Editor : Yosep