25 radar bogor

Lomba Adiwiyata, SMPN 02 Leuwisadeng Siapkan Program Berbasis Lingkungan

SMPN 02 Leuwisadeng
SMPN 02 Leuwisadeng menyiapkan berbagai program berbasih lingkungan dalam Lomba Adiwiyata tingkat provinsi.

LEUWISADENG – RADAR BOGOR, SMPN 02 Leuwisadeng menjadi salah satu dari 9 sekolah di Kabupaten Bogor yang mengikuti Lomba Adiwiyata tingkat Provinsi.

Dua Remaja di Leuwisadeng Pingsan Usai Divaksin, Ini Penyebabnya

Tim verifikasi pun melakukan peninjauan ke SMPN 02 Leuwisadeng pada Senin (4/10/2021) kemarin.

Kepala SMPN 02 Leuwisadeng, Ermaini mengatakan, berbagai komponen standar Sekolah Adiwiyata telah dibentuk di sekolahnya.

“Ada delapan komponen berbasis lingkungan yang telah terbentuk di sekolah kami SMPN 02 Leuwisadeng,” ungkapnya kepada Radar Bogor.

Berbagai program kerja Adiwiyata SMPN 02 Leuwisadeng seperti Taman Baca, Taman PMR dan Taman Toga telah ada di sekolah yang berlokasi di Jalan Raya Babakan Sadeng – Hambaro, Leuwisadeng itu.

Tempat sampah terpilah pun tersedia di SMPN 02 Leuwisadeng yang mana dikelola oleh Komunitas Siswa Peduli Lingkungan (Kosipeling).

Bahkan, materi pembelajaran pun telah terintegrasi dengan pengetahuan atau wawasan mengenai lingkungan hidup.

Ermaini menyebutkan, Adiwiyata ini jangan hanya diartikan sebagai suatu perlombaan.

“Tapi kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus. Kalaupun dapat sertifikat, itu adalah bonus,” cetusnya.

Bukan hanya berlaku untuk murid, guru-guru di SMPN 02 Leuwisadeng pun mendapat pengetahuan khusus bagaimana menyusun administrasi pembelajaran berbasis lingkungan.

Dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Ketua Himpunan Adiwiyata, pihaknya mendorong visi misi SMPN 02 Leuwisadeng agar terintegrasi dengan lingkungan.

“Saya berharap, Adiwiyata ini bukan hanya simbolis, tapi kalaupun dapat sertifikat dari gubernur, ini adalah motivasi untuk kita tingkatkan ke depan,” tandasnya.(cok)

Editor : Yosep