25 radar bogor

Hari Batik Nasional, Dhany Rose Perkenalkan Desain Terbarunya

Batik Dhany Rose
Peluncuran Batik Melayu Langkat karya Dhany Rose di Taman Parahyangan, Cimahpar, Selasa (5/10/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Bogor memperingati Hari Batik Nasional. Ketua Iwapi Kota Bogor, Dhany Rose sekaligus meluncurkan karya busana teranyarnya.

Peringati Hari Batik Nasional, Yantie Rachim Apresiasi Gelaran Iwapi Kota Bogor

Dhany Rose menunjukkan karya batik terbarunya, Batik Melayu Langkat di Taman Parahyangan, Cimahpar, Selasa (5/10/2021). Desain dan motif yang ditampilkan dalam gaunnya adalah motif Mangrove Betuah dan Tepak Peneduh.

Desain dan motifnya itu dipersembahkan Dhany Rose bagi kampung halaman di Pangkalan Berandan, Babalan, Kabupaten Langkat. Desa itu pernah berjaya sebagai kota minyak terbesar di Indonesia.

Saat ini, keseharian sebagian masyarakatnya adalah petani dan nelayan. Tambang Minyak itu telah ditutup, namun bagi Dhany Rose, desanya itu tetap menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi desanya itu memiliki sejarah dalam perjuangan dan pembangunan di Indonesia.

“Hal ini yang menjadi semangat saya untuk menggali potensi dan sumber daya masyarakat desa untuk terus berkarya dan mengembangkan kreativitasnya dalam seni dan budaya. Terwujudlah impian saya mengembangkan seni budaya melayu lewat batik yang bercerita tentang sejarah masa lalu,” ungkap Dhany Rose.

Gelaran dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional itu juga dirangkaikan dengan fashion show dan lomba kuliner.

Beberapa lomba yang digelar seperti Fashion Show Best Dress Batik perorangan dan lomba kuliner kue bernuansa batik per ranting kecamatan. Tak ketinggalan, sejumlah produk lainnya juga ikut dipamerkan di sejumlah tenant untuk bazaar produk UMKM.

Para wanita dari berbagai kecamatan ikut memamerkan pakaian-pakaian dengan nuansa batik. Parade batik dilakukan perwakilan setiap kecamatan. Antusiasme peserta dari berbagai ranting Iwapi sangat besar. (mam)

Editor : Yosep