25 radar bogor

Saluran Air Jebol, Warga Sukaraja Minta Desa Bantu Perbaiki

Saluran air jebol
Warga memperbaiki saluran air yang jebol di Kampung Pasir Jambu, RT 05 RW 03, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

SUKARAJA- RADAR BOGOR, Saluran air Cigalena di Kampung Pasir Jambu, RT 05/03, Desa Pasir Jambu, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor jebol.

Langganan Banjir, Dewan-DPKPP Tinjau Drainase Tiga Desa di Gunungputri

Sejumlah warga pun bekerja sama memperbaiki saluran air jebol, jika tidak di perbaiki dapat mengakibatkan longsor dua rumah warga.

Saluran air itu jebol sekitar 1 meter persegi dengan kedalaman mencapai 6 meter, sehinga jika terjadi hujan lebat dapat melebar dan membahayakan rumah warga.

Seorang warga Endis Menjelaskan, Jebolnya saluran air ini disebabkan derasnya air pembuangan dari perumahan yang mengalir. Sementara aliran yang semestinya dialiri air malah dipakai untuk berkebun dan dimatikan oleh desa.

“Kan di sepanjang aliran ini di atas itu ada simpangan pembuangan air, seharunya air ngalirnya ke sana juga ke jalur air yang semestinya, tetapi tidak difungsikan oleh desa,” kata Endis kepada Radar Bogor Senin (4/10/2021).

Lebih lanjut, Endis menambahkan, jebolnya salurang air ini harus segera diperbaiki, jika tidak dua rumah akan terdampak longsor. Dirinya pun sudah mengajukan perbaikan dari setahun yang lalu namun sampai saat ini belum ada realisasi dari pemerintah desa.

“Ini kan seharusnya tanggung jawab pemerintah desa karena ini milik aset desa, saya sudah ajukan setahun yang lalu tapi sampai sekarang belum diperbaiki,” tambahnya.

Dirinya berharap adanya perhatian dari pemerintah desa untuk meperbaiki jebolnya saluran air ini.

“Di desa kan ada ADD terus yang terbaru program samisade yang difusikan untuk perbaikian infrastruktur seperti saluran air ini,” pungkasnya.

Sementara itu, saat di konfirmasi Kepala Desa Pasir Jambu, Wahyu enggan dimintain keterangan.

Di sisi lain, Sekertaris Kecamatan Sukaraja Irna, belum menerima laporan terkait adanya saluran air yang rusak, dirinya mengatakan itu merupakan kewenangan desa.

“Saya akan telpon kadesnya untuk menyampaikan info ada kejadian saluran air jebol dan untuk ditindak lanjuti,” pungkas Irna. (cr)

Editor : Yosep