25 radar bogor

Mulai Sekarang, Bayar Sewa Rusunawa Bisa Lewat Sipacar

Rusunawa
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim saat mencoba aplikasi Sipacar berbasis QRIS, Senin (4/10/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor melalui UPTD Rusunawa menyediakan cara baru pembayaran sewa bagi penghuni rusunawa.

Pipa Transmisi Bocor, Suplai Air Istana Bogor Bisa Terganggu

Penghuni rusunawa saat ini bisa membayar sewa unitnya melalui aplikasi sistem informasi pembayaran cara anyar (Sipacar) berbasis quick response code Indonesian standard (QRIS).

Aplikasi Sipacar diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di Rusunawa Menteng Asri, Senin (4/10/2021).

Dedie mengatakan, Sipacar ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi Disperumkim dan Badan Pendapatan Daerah untuk mengurangi transaksi pembayaran sewa rusunama yang sifatnya fisik.

“Dengan aplikasi Sipacar ini, penghuni rusunawa tidak perlu ketemu dengan petugas dalam melakukan pembayaran sewa rusunawa,” ucap Dedie usai launching aplikasi Sipacar berbasis QRIS, Senin (4/10/2021).

Dengan adanya transaksi online tersebut, lanjut Dedie, semakin menunjukan komitmennya untuk transparansi.

Sebab, dalam transaksi tersebut tidak ada lagi komunikasi langsung antara penghuni rusunama dengan petugas, dan semakin mempermudah bertransksi.

“Saya apresiasi kepada Bapenda dan Dinas Perumkim atas dilaunching-nya aplikasi Sipacar ini,” katanya.

Aplikasi Rusunawa

Sementara Kepala Dinas Perumkim Kota Bogor Juniarti Estiningsih menuturkan, program Sipacar sebenarnya sudah direncanakan oleh UPTD Rusunawa.

“Sehingga aplikasi Sipacar ini bisa cepat dilaunching untuk memudahkan pembayaran penghuni rusunawa di Kota Bogor,” ucap Esti didampingi Kepala UPTD Rusnawa Ilham Gunawan.

Mantan Camat Bogor Barat ini menjelaskan ketika penghuni rusunawa tidak memiliki gadget, penghuni tersebut bisa langsung datang dibantu oleh customer service untuk melakukan pembayaran.

“Saat ini penghuni Rusunawa di Kota Bogor 80 persen warga Kota Bogor, 310 KK di Rusunawa Menteng dan 150 KK di Rusunawa Cibuluh,” tukasnya.(ded)

Editor : Yosep