25 radar bogor

Merdeka Ekspor Pertanian, Endang Setyawati Bantu Petani Lokal

Merdeka Ekspor Pertanian, Endang Setyawati Bantu Petani Lokal
Merdeka Ekspor Pertanian, Endang Setyawati Bantu Petani Lokal

RADAR BOGOR, Anggota Komisi IV DPR Dapil Jabar III, Endang Setyawati Thohari kembali sebar bantuan. Kali ini, bantuan yang ia sebar khusus para petani di Kota Bogor.

Dorong Ketahanan Pangan, Endang Setyawati Sebar Bibit Ternak

Sebanyak tiga kelompok petani Kota Bogor mendapatkan bantuan motor sampah, yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sabtu (2/10/2021), Anggota Komisi IV DPR Dapil Jabar III, Endang Setyawati Thohari bertemu langsung dengan para kelompok penerima bantuan, di Grand Savero.

Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa bantuan yang ia salurkan, merupakan bantuan pemerintah pusat, melalui APBN. Lalu ia saluran sebagaimana fungsi legislatif yang telah diatur dalam undang-undang.

Kepada para petani, Anggota Komisi IV DPR Dapil Jabar III, Endang Setyawati Thohari juga menjelaskan, bahwa saat ini, sebanyak 30 hingga 45 persen kebutuhan pangan nasional ditopang oleh impor.

Misalnya beras, sebanyak 30,08 juta ton, kacang sebanyak 1,2 juta ton, kedelai 2,5 juta ton, dan lainnya.

“Padahal, Indonesia negara subur,” kata Anggota Komisi IV DPR Dapil Jabar III, Endang Setyawati Thohari.

Makanya, bantuan ini diharapkan Endang menjadi awal perbaikan ketahanan pangan, khususnya di Kota Bogor.

Ia meminta para penerima bantuan agar sungguh-sungguh mengelola bantuan. Agar bisa mengurangi jumlah impor nantinya. Juga memberbaiki perekonomian keluarga, lingkungan sekitar dan juga menambah pendapatan daerah.

“Tolong sungguh-sungguh dirawat, dikembangkan, dicatat dengan baik, agar pembukuan dan dokumentasi jelas, agar semua anggaran yang sudah dikeluarkan benar-benar nyata dilaksanakan di lapangan. Saya sangat meminta agar berhati-hati dengan apa yang sudah diterima, karena nanti berimbas ke saya, jika di audit, gak ada dokumentasi lengkap dan sebagainya, saya yang kena,” kata dia.

Pasalnya, lanjut Endang, anggaran yang dikeluarkan tidak main-main. Dari pagu, anggaran Badan Karantina Pertanian (Barantan) 2021 sebesar Rp 1,2 triliun.

Untuk itu, Endang meminta peran Pemkot Bogor untuk mengawasi para petani ini. Agar bantuan yang diberikan tepat guna, tepat sasaran dan tidak main-main.

“Sekarang tinggal peran para petani, penyuluh dan juga Pemkot dalam mengawasi, beri dorongan,” tegas Anggota Komisi IV DPR Dapil Jabar III, Endang Setyawati Thohari.

“Jadi kita harus berjuang untuk kedaulatan pangan, energi dan air. Kalau bukan sekarang, kapan lagi. Kalau bukan kita, siapa lagi,” tutup Endang.

Adapun rincian peserta dari para kelompok mendapatkan aspirasi anggaran tahun 2021.

Cianjur :
1. Desa Cibarengkok Kec. Bojongpicung
2. Karang Taruna Bina Taruna Ds. Sukajaya Kec. Bojongpicung

Kota Bogor:
1. RW 09 Kelurahan Curug Kec. Bogor Barat
2. RW 01 Kelurahan Cikaret Kec. Bogor Selatan
3. RW 11 Kelurahan Tegal Gundil Kec. Bogor Utara

(*/ran)