25 radar bogor

UNB Bina Masyarakat Mekarmukti Kendalikan Penyebaran Covid-19

UNB Bina Masyarakat Mekarmukti Kendalikan Penyebaran Covid-19
UNB Bina Masyarakat Mekarmukti Kendalikan Penyebaran Covid-19

RADAR BOGOR, Universitas Nusa Bangsa atau UNB melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) pada Tahun Akademik 2021/2022.

Bogor Coffee Expo, Surga Para Pecinta Kopi Bogor

Diikuti oleh 139 peserta, mahasiswa UNB terbagi dalam 14 kelompok, tersebar di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, serta Kabupaten Bekasi.

KKNT mahasiswa UNB tersebut mengusung tema “Edukasi dan Literasi Perubahan Perilaku Masyarakat untuk Pengendalian COVID-19”.

Kelompok 10 yang beranggotakan mahasiswa UNB merupakan peserta KKNT T.A. 2020/2021 dan berkegiatan di wilayah Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga orang perwakilan kelompok 10 mahasiswa UNB, Kepala Desa, salah satu tim Satgas Desa Mekarmukti, perwakilan ibu PKK, dan Ketua Karang Taruna.

Kelompok membuat dan menyebarkan informasi di media sosial tentang zonasi status daerah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cikarang Utara.

Hal tersebut merupakan wujud sosialisasi/update terhadap penyebaran Covid-19 di Kecamatan Cikarang Utara.

Selanjutnya, kelompok membuat dan menyebarkan profil Desa Mekarmukti ke sosial media khususnya di laman Youtube kelompok 10.

Kegiatan online tersebut, dilakukan sebagai wujud memperkenalkan ke khalayak umum perihal gambaran umum dan potensi Desa Mekarmukti Cikarang Utara.

Berikutnya, kelompok 10 membuat video tutorial pembuatan jamu serbuk dan menyebarkannya di sosial media.

Video tersebut dibuat berdasarkan infromasi dari perwakilan ibu PKK, bahwa banyak tanaman apotik hidup di Desa Mekarmukti namun tidak termanfaatkan dengan optimal dan tidak bernilai jual tinggi.

Harapan kelompok 10 dari video tersebut adalah warga desa yang terdampak pandemi Covid-19, bisa membudidayakan tanaman apotik hidup seperti jahe dan kunyit, kemudian dijadikan produk jamu serbuk ataupun jamu siap minum.

Hal tersebut tentu bisa memberikan keuntungan dari sisi ekonomi dan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama pandemi Covid-19.

Kegiatan dilanjut dengan membuat edukasi tentang bimbingan karir dan menyebarkannya di sosial media.

Video tersebut terdiri dari tiga sesi, yang berisi tips dan trik agar mudah diterima oleh pemberi kerja. Video tersebut dibuat berdasarkan infromasi dari Ketua Karang Taruna bahwa selama pandemi Covid-19, persaingan dunia kerja maupun dunia enterpreneur semakin ketat.

Video ini sebagai wujud edukasi kelompok 10 secara online warga Desa Mekarmukti agar bisa sukses perekonomian selama dan sesudah pandemi Covid-19.

Bingkisan tersebut berisi masker, sabun cuci tangan, dan  jamu serbuk.

Sementara itu, Agus Prana Mulia, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengharapkan, kegiatan KKNT yang dilakukan sebagian besar secara daring, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Pentingnya vaksin mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir,” ungkapnya.

Editor: Rany