25 radar bogor

Eddy Soeparno: Wisata Malam Jangan Rusak Habitat dan Ekosistem

Eddy Soeparno
Eddy Soeparno

BOGOR-RADAR BOGOR, Polemik Wisata Malam Kebun Raya Bogor mendapat perhatian khusus dari Anggota DPR RI Dapil Kota Bogor-Cianjur dari Fraksi PAN Eddy Soeparno.

Kumpulkan Kepala Sekolah-Ketua OSIS, Bima Arya Tekankan Ini

Menurut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini konsep wisata malam di Kebun Raya Bogor jangan sampai merusak habitat dan eksosistem yang selama ini dilindungi dan telah ada di kawasan bitani yang memiliki luas 84 hektare itu.

Bunda PAUD Kecamatan Hingga Ketua PKK Bogor Dikukuhkan

“Penting untuk selalu diingat bahwa konsep wisata malam ini jangan sampai mengorbankan ekosistem dan habitat di Kebun Raya Bogor. Bagaimanapun prioritas Kebun Raya Bogor adalah untuk konservasi dan penelitian ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Eddy Soeparno yang juga Sekjen PAN ini mengingatkan pentingnya kesepahaman bersama untuk menjaga lima fungsi utama Kebun Raya yaitu Konservasi Tumbuhan, Penelitian dan Pendidikan. Baru setelah itu Wisata dan jasa lingkungan

“Saya juga membaca surat terbuka yang ditulis 5 Mantan Kepala Kebun Raya Indonesia dan masukan mereka harus didengarkan karena berkaitan dengan upaya menjaga marwah Kebun Raya Bogor,” lanjutnya.

Untuk itu, Eddy meminta rencana pembukaan Wisata Malam di Kebun Raya Bogor dievaluasi secara mendalam dan melibatkan akademisi, pakar konservasi tumbuhan dan ahli lainnya yang diperlukan.

“Semoga dengan masukan dari berbagai pakar ini Kebun Raya Bogor tetap terjaga dan di sisi lain jika ada keinginan untuk menghadirkan konsep wisata tetap ramah lingkungan,” tutup Eddy.(ded)

Editor: Rany