25 radar bogor

Vaksinasi di Jawa Barat Dikebut, Menuju 37 Juta Dosis

Ilustrasi Vaksin Booster
Ilustrasi Vaksin Booster

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ketua Percepatan Vaksinasi Jawa Barat Dedi Supandi pastikan akselerasi vaksinasi terus dilakukan di sejumlah daerah. Bahkan saat ini menuju 37 juta dosis.

Warga Parung Panjang Antusias Ikut Gebyar Vaksinasi Covid-19

“Jadi sekarang mau menuju 37 juta vaksinasi di jawa barat. Untuk update hari ini mencapai 21 juta dosis pertama, sedangkan dosis kedua 13 juta dengan rata-rata 13 ribu per hari,” kata Dedi usai meninjau vaksinasi di SMKN 1 Cibinong, pada Rabu (29/9).

Jadi kalau dihitung di jabar ada 5 kabupaten maupun kota yang akan selesai vaksinasi di tanggal 11 Desember 2021. Yakni Kota Bogor, Cimahi, Kota Bandung, Banjar, dan Cirebon.

“Sedangkan untuk kabupaten yang baru selesai vaksinasi di tahun 2023 yakni Kabupaten Tasikmalaya, Cirebon, dan Ciamis,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, agar vaksinasi semua wilayah cepat selesai, ada strategi yang harus dijalankan. Pertama kesamaan target vaksin. Lalu jumlah vaksinator dan ketiga kesamaan perencanaan kebutuhan vaksinasi per bulan.

“Khusus untuk pelajar, vaksinasi ini bagian dari percepatan PTM dan nanti pelajar yang telah di vaksin akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” tambahnya.

Saat ini, jumlah sekolah yang PTM ada 1.759 dari total 5.033 sekolah. Kemungkinan di awal Oktober ditambah karena ada yang menunggu ijin orang tua dan satgas.

“Kalau jenis vaksin buat pelajar ada Pfizer dan Sinovac. Untuk SMKN 1 Cibinong ini Sinovac sebanyak 3.500 sasaran dan sumber vaksin berasal dari BIN,” jelasnya. (abi)

Editor : Yosep