25 radar bogor

Pemeriksaan MRI dan CT Scan di RSUD Kota Bogor, Makin Mudah Diagnosa Penyakit

RSUD Kota Bogor
Layanan baru di RSUD Kota Bogor untuk mendiagnosa penyakit pasien dengan alat super canggih yakni Magnetic Resonance Imaging  (MRI), CT scan, dan penambahan mesin Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) keluaran terbaru dan tercanggih.

BOGOR-RADAR BOGOR, RSUD Kota Bogor menambah layanan baru dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Bima Arya Proyeksikan RSUD Kota Bogor jadi Rujukan Regional dan Pendidikan

Setidaknya ada dua layanan baru RSUD Kota Bogor, pertama layanan mendiagnosa penyakit pasien dengan alat super canggih yakni Magnetic Resonance Imaging  (MRI), CT scan, dan penambahan mesin Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) keluaran terbaru dan tercanggih.

“Selama ini, banyak pasien yang dirujuk ke rumah sakit lain yang memiliki MRI. Saat ini tidak perlu lagi, karena RSUD Kota Bogor telah menyediakan pemeriksaan MRI,” kata Kasi Sarana dan Prasarana Pelayanan Penunjang Medik RSUD Kota Bogor Ahmad Mausul, saat ditemui di RSUD Kota Bogor, Rabu (29/9/2021).

Selama ini, kata dia, RSUD Kota Bogor sebelumnya belum memiliki alat MRI, padahal rumah sakit plat merah itu sudah memiliki empat dokter spesialis radiologi. Dengan adanya layanan MRI, tentunya dapat mempermudah dokter spesialis mendiagnosa penyakit secara terperinci.

“Tahun 2021 RSUD (Kota Bogor) mendapatkan bantuan Pemprov Jawa Barat, termasuk CT Scan, dan ESWL” katanya.

Ahmad Mausul memaparkan, MRI merupakan teknik diagnostik medis yang menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan di dalam tubuh dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi.

Menurutnya, hasil MRI berupa gambaran potongan tubuh, dokter dapat melihat apa yang terjadi di dalam tubuh pasien.

“Secara umum, MRI digunakan untuk mendeteksi kelainan pada neurovaskular dan cardiac yang biasanya bertalian dengan penyakit stroke, jantung, hingga kanker,” katanya.

“MRI saat ini prosesnya sedang pembangunan renovasi, kemungkinan awal Oktober unit sudah datang, dan langsung diinstal dan uji fungsi,” katanya.

Sedangkan untuk CT Scan, kata dia, saat ini sudah mulai uji fungsi dan alatnya sudah datang.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Medik Rawat Jalan RSUD Kota Bogor dr Yuyung Susanti menjalaskan, RSUD Kota Bogor mendapatkan bantuan alat kesehatan (Alkes) yang berasal dari Banprov Jawa Barat sebanyak tiga item. “MRI, CT scan, dan penambahan ESWL,” katanya.

Menurutnya, pasien saat ini dapat dirujuk untuk melakukan pemeriksaan MRI, semisal dengan mendiagnosa penyakit otak dan syaraf tulang belakang.

“Bisa untuk diagnosa strok, tumor, aneurisma, atau cedera otak akibat kecelakaan. Jadi fungsi MRI dan CT Scan, tergantung keluhanya,” ucap dr Yuyung.

Sedangkan, saat ini kebutuhan CT Scan di RSUD Kota Bogor sangat tinggi, dalam satu hari bisa tiga pasien yang dirujuk untuk melakukan pemeriksaan. Jika diakumulasikan, dalam sebulan ada 20 hingga 30 pasien yang melakukan CT Scan.

“Jadi dua alat ini sangat penting keberadaanya. Sangat membantu untuk mendiagnosa pasien,” tukasnya.(ded)

Editor : Yosep