25 radar bogor

Belum Ada Bantuan, Balita Tanpa Lubang Anus Butuh Susu

balita tanpa lubang anus
Muhamad Arpan Arparizki, balita di Jonggol yang lahir tanpa lubang anus.

JONGGOL-RADAR BOGOR, Masih ingat dengan balita 14 bulan Warga Perumahan Sukma Indah Residen, Desa Sukamaju, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor?.

Lahir Tanpa Lubang Anus, Bayi di Jonggol Ini Butuh Uluran Tangan

Balita bernama Muhamad Arpan Arparizki itu lahir dalam keadaan tidak normal seperti bayi pada umumnya.

Balita Muhamad Arpan Arparizki harus menderita penyakit tidak ada lubang anus (atresia ani) dan gangguan pada detak jantung (Hipotiroid).

Sampai saat ini balita Muhamad Arpan Arparizki tak kunjung mendapatkan bantuan baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah setempat.

Ibu kandung Muhamad Arpan Arparizki, Imarotu Fitria mengatakan, saat ini kebutuhan yang mendesak adalah  susu dan biaya akomodasi ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

“Kami membutuhkan bantuan akomodasi dan untuk pembelian susu. Tiap bulan habis enam kaleng sekitar Rp2 jutaan,” kata Imarotu Fitria kepada Radar Bogor, Rabu (29/9/2021).

Sebelumnya, perwakilan kecamatan, perwakilan desa serta RT dan RW meninjau langsung ke lokasi rumah balita 14 bulan Muhamad Arpan Arparizki. Namun tidak ada pembahasan mengenai uluran tangan atau bantuan.

“Kemarin memang sudah ada survei tentang kesehatan Arpan, saat itu hanya tanya nama, usia, masalah kesehatan Arfan. Sampai sekarang belum ada yang datang lagi atau memberi bantuan,” tambahnya.

Saat ini, balita Muhamad Arpan Arparizki sedang mengurus berkas pengajuan operasi penutupan anus (atresia ani) di RSPAD.

“Kalau rencana mau operasi seperti sekarang ke dokter bedah, terus ke dokter anak, lalu Anastesi. Jadi harus bulak balik butuh biaya juga,” lanjutnya.

Lebih lanjut Imarotu Fitria berharap setelah operasi pada lubang anus, jantung Arpan bisa tertutup dengan sendirinya sehingga tidak harus di operasi.

“Mudah-mudahan untuk jantungnya nutup sendiri sehingga tidak harus di operasi lagi,” tungkasnya.

Sementara itu, Camat Jonggol Andri Rahman mengungkapkan, Sudah mengintruksiakan staf kecamatan dan pihak desa serta LPSM dan puskesmas Jonggol untuk meninjau rumah Balita Arpan.

“Sudah ditinjau sudah ditangani, sudah dioperasi lubang anusnya, urusan kesehatan sedang dalam pantauan Puskesmas Jonggol,” ucap Andri Rahman.

Soal bantuan untuk balita Arpan, masih kata Andri akan mengajak semua untuk peduli.

“Mangga Insya Allah kita akan upayakan bantuan selanjutnya dan mengajak seluruh pihak untuk peduli terkait kondisi balita tersebut,” pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep