Beranda Metropolis Begini Skenario PTM Terbatas di Tiga Sekolah

Begini Skenario PTM Terbatas di Tiga Sekolah

Begini Skenario Uji Coba PTM Terbatas di Tiga Sekolah
Begini Skenario Uji Coba PTM Terbatas di Tiga Sekolah

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melakukan simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM terbatas pada Selasa (28/9/2021).

Uji coba itu dilakukan di tiga sekolah. Yakni, SMPN 5, SMP PGRI 5, dan SMP Boarding School Bintang Pelajar. Sebelum Dinas Pendidikan (Disdik) menerapkan PTM, Senin 4 Oktober mendatang.

Berpergian Naik Pesawat-KA Bisa Tanpa PeduliLindungi

pmb universitas nusa bangsa bogor

“Cuma sebatas simulasi di tiga kategori sekolah. Negeri, swasta dan boarding school,” kata Kadisdik Kota Bogor Hanafi saat meninjau pelaksanaan PTM di SMPN 5 Kota Bogor, Selasa (28/9/2021).

Menurut Hanafi, tujuan melaksanakan simulasi PTM di tiga sekolah ini, pihaknya ingin melihat kesiapan dari pihak sekolah, wali murid hingga para pelajar apabila PTM benar-benar dilaksanakan pada Senin (4/10) nanti.

Karena, dalam simulasi PTM ini pihaknya tetap mengarahkan agar ketiga sekolah harus mengikuti aturan yang sudah tertuang dalam SKB 4 menteri.

Seperti harus sudah mendapatkan izin dari orang tua dan komite serta menyiapkan persyaratan sarana dan prasarana. Termasuk skenario pelaksanaan PTM pun harus sudah disiapkan, seperti materi yang diberikan seperti apa.

“Karena materi awal itu harus memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang virus Corona, menjalankan prokes 3 M hingga prokes baik di dalam maupun luar sekolah,” ucap dia.

“Meski kita masih ada khawatir, mudah-mudahan tidak terjadi (penularan di sekolah). Kita harapkan (siswa) juga kembali ke rumah ketika sudah pulang,” sambungnya.

Soal antusias di tiga sekolah yang melaksanakan simulasi PTM, dituturkan Hanafi, sejauh ini sebagian besar mereka mendukung, meski ada juga yang tidak. Akan tetapi, perbedaan itu tidak menjadi persoalan.

“Sampai sekarang pantauan kita (simulasi PTM) berjalan lancar, ini yang kita harapkan nanti bisa dilakukan sekolah-sekolah yang lain,” imbuh dia.

“Saya juga yakin sekolah lain sudah mempersiapkan itu, terutama kita pernah melakukan simulasi pada Mei lalu dan serentak di beberapa sekolah mengikuti,” lanjutnya.

Disinggung apabila ditemukan kasus penyebaran Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM nanti, Hanafi memastikan akan merekomendasikan ke Wali Kota Bogor untuk menutup sekolah tersebut.

“Kami akan merekomendasikan ke pimpinan akan menutup kalau ada yang terjadi,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany