25 radar bogor

Lakukan Pembenahan Pelayanan, BPN Luncurkan Aplikasi POS

BPN Kota Bogor
BPN Kota Bogor meluncurkan aplikasi Pertanahan Online Service (POS) yang dapat diakses melalui www.pos-bpn.com. 

BOGOR-RADAR BOGOR, Kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) Kota Bogor, tengah melakukan pembenahan pada sistem pelayanan digitalisasi.

BPN Serahkan 35 Sertifikat Tanah Warga Rancamaya

Kepala BPN Kota Bogor Rahmat mengatakan, telah menyiapkan skema layanan berbasis digital agar memudahkan masyarakat dalam mengurus pertanahan melalui aplikasi Pertanahan Online Service (POS) yang dapat diakses melalui www.pos-bpn.com.

“Pada intinya kami siap dalam hal layanan digital. Saat ini persiapannya sudah 94,87 persen untuk data elektroniknya, kami juga terus memperbaharui kemudahan-kemudahan sistem untuk masyarakat,” kata Ramhat, Senin (27/9/2021).

Bahkan persiapan tersebut sudah dilakukan jauh-jauh hari setelah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menunjuk BPN Kota Bogor sebagai pilot project atau percontohan layanan berbasis digital atau online se-Indonesia.

Dengan adanya sistem layanan digital ini, sambung Rahmat, masyarakat akan dimudahkan dalam berbagai hal, mulai dari tak perlu lagi mengantre hingga dapat mengakses dan mengunduh dokumen-dokumen secara fleksibel.

“Untuk ukuran seperti Kota Bogor ini dengan adanya layanan digital masyarakat sangat dipermudah,” sebut Rahmat.

Aplikasi BPN

Dengan sistem layanan itu, beber Rahmat, pemohon atau masyarakat tak perlu lagi datang ke kantor BPN untuk mengurus dokumen-dokumen.

“Sebenarnya pemohon tidak harus datang ke kantor BPN untuk melakukan pengurusan sertifikasi tanah, cukup dengan mengakses. Di situ pemohon bisa melakukan mulai dari antre online, download formulir pendaftaran, pengiriman surat elektronik, hingga sistem informasi sertifikat selesai (SiSerla),” tukasnya.(ded)

Editor : Yosep