Beranda Bogor Raya Cetak Tenaga Ahli, Kemnaker Buka Balai Latihan Kerja di Ciampea

Cetak Tenaga Ahli, Kemnaker Buka Balai Latihan Kerja di Ciampea

Balai Latihan Kerja Komunitas
Pembukaan Balai Latihan Kerja Komunitas Tarfal Madani di Desa Cinangka, Ciampea Senin, (27/09/2021).

CIAMPEA – RADAR BOGOR, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI membuka Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Tarbiyatul Falah Madani, Desa Cinangka, Ciampea.

Program PEN Sektor Infrastruktur Diprediksi Serap 1,2 Juta Tenaga Kerja

Menyasar para santri dan masyarakat umum, Balai Latihan Kerja Komunitas ini berbasis kompetensi teknik otomotif.

mitra-10-shop-vaganza

Kepala Balai Latihan Kerja Komunitas Tarfal Madani, Yosa Taufiq Ismail menerangkan, program pemerintah ini merupakan sebuah terobosan melalui pendekatan komunitas salah satunya pondok pesantren.

“Di pondok pesantren juga harus tercipta skill untuk menanggulangi image pesantren yang dekat dengan teroris. Itu bisa dirubah dengan santri yang memiliki keahlian,” ujarnya usai membuka Balai Latihan Kerja Komunitas Tarfal Madani di Desa Cinangka, Ciampea Senin, (27/09/2021).

Dibekali ilmu otomotif, para santri diharapkan setelah keluar, mampu menopang kelanjutan hidupnya di dunia.

Namun, Yosa meneruskan, tidak hanya sebatas di ruang lingkup santri. Bagi siapapun yang ingin mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Komunitas miliknya, itu diperbolehkan.

Tidak ada syarat. Bahkan peserta mendapatkan berbagai keuntungan. Mulai dari sertifikat pelatihan, instruktur ahli dari Kemnaken, bahkan insentif selama pelatihan.

“Dari tahap awal hingga tiga tahap ke depan masih dijamin pemerintah, mulai dari bangunan yang didesign dan dimonitoring oleh kemnaker, sarana dan prasarana juga disuplay termasuk program,” papar Yosa.

Setelah menjalani pelatihan, peserta juga dapat langsung disalurkan ke perusahaan otomotif yang sudah bermitra dengan Balai Latihan Kerja Komunitas Tarfal Madani. Termasuk juga beberapa bengkel non resmi yang membutuhkan tenaga ahli, telah MoU dan siap menyerap peserta.

Bagi yang ingin menciptakan peluang usaha, seperti membuka bengkel sendiri, Balai Latihan Kerja Komunitas pun siap mendorong dan membantu penyertaan modal.

“Di sini juga ada koperasinya, jadi mengenai pendanaannya bisa dikoordinasikan, kita support dia dari finansial, skill dan semuanya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Cinangka, Abdurohman berharap, program tersebut terus berjalan. Dan warganya pun dapat merespon sekaligus mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Komunitas Tarfal Madani.

“Sehingga bisa mengurangi pengangguran terutama masyarakat desa terutama di masa pandemi ini,” tandasnya.(cok)

Editor : Yosep