Beranda Bogor Raya Uji Coba Hutan Kota Pondok Rajeg Dimulai, Tanam Sengon dan Trembesi

Uji Coba Hutan Kota Pondok Rajeg Dimulai, Tanam Sengon dan Trembesi

Hutan Kota
Pemkab Bogor bersama Yayasan Korindo tanam sejuta pohon di Hutan Kota Pondok Rajeg. Kerjasama tersebut merupakan upaya bersama membangun hutan di tengah kota. foto : Diskominfo for Radar

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pembangunan Hutan Kota di tanah bekas TPA Pondok Rajeg seluas 2.700 meter mulai diuji cobakan.

Bangun Hutan Kota Kedua di Pondok Rajeg, Bakal Ditanami Jenis Pohon Ini

Uji coba pembangunan Hutan Kota kolaborasi antara Pemkab Bogor dengan Yayasan Korindo itu, ditandai penanaman pohon sengon dan trembesi.

mitra-10-shop-vaganza

“Semoga semua tahapan berjalan lancar sehingga Hutan Kota Pondok Rajeg dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat demi terwujudnya Kabupaten Bogor yang nyaman,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Asnan, pada Minggu (26/9/2021).

Asnan mengatakan, kolaborasi hijau yang dilakukan Korindo telah membantu mewujudkan komitmen pemerintah daerah untuk menyiapkan sejumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Hari ini kita uji coba dengan penanaman pohon, dulunya ini bekas TPA kita manfaatkan sebagai hutan kota. Karena, Bupati Bogor pinginya tidak hanya satu wilayah tapi setiap kecamatan bisa mengikuti,” jelasnya.

Senada dikatakan Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo, Seo Jeong Sik. Ia mengaku, tahapan uji coba penanaman Huta Kota ditargetkan berlangsung selama satu tahun yang berakhir pada September 2022.

“Kegiatan uji coba penanaman Hutan Kota ini merupakan lanjutan dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Bogor dengan Yayasan Korindo,” tambahnya.

Dirinya menuturkan, kegiatan ini bagian dari studi kelayakan. Karena, karakteristik lahan di Hutan Kota Pondok Rajeg cenderung lunak, berbeda di Pakansari area terbuka hijau.

“Uji coba penanaman Hutan Kota ini ada tiga zona, yakni bagian selatan, tengah dan utara. Setiap zona memiliki luas 900 meter persegi (m2) yang ditanami 100 pohon sengon dan trembesi. Secara total, area uji tanam mencapai 2.700 m2 dengan 300 pohon ditanam,” tuturnya.

Lebih lanjut ia mengaku, keterlibatan Korindo dalam program sudah dimulai sejak tahun lalu. Bahkan, saat itu, Yayasan Korindo mengirimkan Letter of Interest (LoI) kepada Pemkab Bogor mengenai ketertarikan perusahaan dalam mendukung pembangunan hutan kota.

“Sampai saat ini, kami masih bertanggung jawab atas pengelolaan Hutan Kota Pakansari, dan akan diserahkan kepada Pemkab Bogor pada November 2022 untuk dimanfaatkan sebagai area publik,” pungkasnya. (abi)

Editor : Yosep