25 radar bogor

Serunya Kontes Burung Pleci Berhadiah Domba

Kontes Burung Pleci
Kontes Burung Pleci di Kecamatan Caringin.

BOGOR-RADAR BOGOR, Kendati sempat redup, para penggemar Burung Pleci ternyata masih marak.

Buktinya, ribuan pleci mania dari berbagai penjuru kota ikut ambil bagian dalam kontes Oneday Burung Pleci yang digelar di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Minggu (26/9/2022).

Ada Klubnya Raffi Ahmad, Kontestan IBL 2022 Terbanyak Sepanjang Sejarah

Oneday Pleci yang digelar komunitas Kampung Pleci Mania (KPM) ini diikuti 1.200 peserta yang berasal dari Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Yogya, Subang, Jakarta, dan warga pribumi.

Bahkan, event perdana KPM ini mendapat sponsor dari berbagai pihak di antaranya Super Power, 220 Pol, PCMI Depok, dan sponsor utama Puncak Halimun Camp. Pada hari yang sama Puncak Halimun Camp juga mensponsori event Pencak Silat dan turnamen sepak bola.

Ketua KPM, Abdul Jalil Hanafiah, mengemukakan, kontes Burung Pleci ini menyuguhkan 19 kelas. Sedangkan kriteria penilaian juara di antaranya volume suara, irama, dan durasi.

“Alhamdulillah antusias peserta cukup tinggi. Tiket terjual habis. Kami yang tadinya hanya menyediakan 25 gantangan menambah jadi 30 gantangan. Biaya pendaftaran pun murah hanya Rp15.000 sampai Rp50.000,” ujarnya.

Jalil mengatakan, panitia menyediakan hadiah berupa domba ditambah tropi dan uang pembinaan untuk kelas eksklusif, kelas reguler, eksekutif Jabar, dan kelas eksklusif pribumi. Bahkan untuk juara eksklusif dapat voucher Rp350.000 untuk masuk Puncak Halimun Camp.

“Dalam kontes Burung Pleci ini kami tetap menerapkan protokol kesehatan. Kontes perdana ini kami adakan dalam rangka silaturahim antar penggemar Burung Pleci se-Indonesia. Ke depan acara akan dibuat rutin per tiga bulan,” katanya.

Tokoh masyarakat setempat, Ujang, berharap, kegiatan seperti ini terus digelar menjadi wadah bagi para penggemar Burung Pleci untuk menyalurkan hobinya serta menambah tali silaturahim.

“Suara burung berukuran besar sudah tidak aneh tapi untuk menghasilkan suara Burung Pleci yang berukuran kecil agar berkualitas cukup sulit dalam pemeliharaannya. Faktor cuaca juga berpengaruh, jadi cukup seru,” imbuhnya. (*)