Beranda Bogor Raya Pembangunan Rumah Ibadah Perumahan Pandan Valley Kemang Ditolak Warga

Pembangunan Rumah Ibadah Perumahan Pandan Valley Kemang Ditolak Warga

Rumah Ibadah
Aksi warga menolak pembangunan rumah ibadah di Perumahan Pandan Valley, Desa Parakan Jaya, Kemang pada Minggu, (26/9/2021)

KEMANG – RADAR BOGOR, Puluhan warga yang didominasi ibu-ibu menggelar aksi penolakan pembangunan rumah ibadah di Perumahan Pandan Valley, Desa Parakan Jaya, Kemang pada Minggu, (26/9/2021).

Warga Bogor Utara Siap Kawal Pembangunan RSUD Parung

Penolakan rumah ibadah itu dilakukan lantaran pembangunannya tidak mendapatkan izin dan persetujuan dari warga.

pmb universitas nusa bangsa bogor

“Pernah musyawarah dan saat itu warga menolak. Pihak desa juga tidak memberi izin, namun nyatanya mereka terus melakukan pembangunan rumah ibadah,” ungkap Noni, salah satu peserta aksi.

Menurut Noni, penolakan warga didasari adanya rumah ibadah lama di lingkungan yang sama. Sedangkan rumah ibadah yang akan dibangun itu dilakukan secara sepihak.

“Mau ngapain bangun lagi? Rumah ibadah yang ada saja belum makmur. Lebih baik makmurkan dulu rumah ibadah yang ada,” tegasnya mewakili peserta aksi lain.

Dalam aksinya, massa tampak membawa spanduk berisi penolakan pembangunan rumah ibadah serta ajakan untuk memakmurkan yang ada.

Terlihat aparat Polri, TNI, Satpol PP serta Linmas melakukan pengawalan aksi sehingga berjalan kondusif.

Terpisah, Kepala Seksi Trantib Kecamatan Kemang, Yazidil Bustomi menjelaskan, aksi warga itu dipicu oleh adanya rumah pribadi yang dijadikan tempat ibadah.

Menurutnya, hal tersebut tidak memenuhi unsur peraturan dalam SKB Nomor 8/9 tentang pendirian rumah ibadah.

“Kami masih menunggu laporan dan hasil diskusi beberapa waktu lalu oleh Pemdes Parakan Jaya. Jadi sementara masih diselesaikan oleh Pemdes setempat,” tandas Tomi.(cok)

Editor : Yosep