25 radar bogor

Bangkitkan Ekonomi Warga Graha Grande Lewat Kegiatan Bazar

Kegiatan Bazar
Kegiatan bazar di Perumahan Graha Grande RW 08, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Minggu (26/9/2021).

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 23 usaha mikro dan jajanan kuliner memeriahkan kegiatan bazar di Perumahan Graha Grande RW 08, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Minggu (26/9/2021).

Menko Airlangga Hartarto Ajak Masyarakat Bangun Ekonomi Melalui UMKM Rumahan

Kegiatan bazar tersebut perdana dilakukan pasca kondisi pandemi Covid-19 yang terus membaik.

Ketua RW 08 Kelurahan Sukaresmi Aceng Yusuf mengatakan, kegiatan bazar hasil usaha mikro Warga Graha Grande RW 08 ini, untuk membangkitkan kembali perekonomian setelah sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

Menurutnya, saat jumlah kasus terpapar covid terus meningkat, sejumlah kegiatan perekonomian sebagian besar terhenti, termasuk kegiatan bazar rutin yang sebelumnya kerap dilakukan setiap akhir pekan.

“Karena ada pembatasan, tidak boleh berkerumun, kegiatan bazar akhirnya ditiadakan. Tetapi saat ini kami dorong untuk bangkit lagi,” ucapnya.

Setelah pandemi mulai membaik, kata dia, sebagai pengurus RW memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan keberadaan usaha mikro khususnya yang ada di wilayah perumahan Graha Grande.

“Alhamdulillah, kegiatan bazar mendapatkan antusias yang tinggi dari warga,” katanya.

Selain itu, dengan adanya pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, diharapkan dapat memberikan semangat kepada pelaku usaha mikro untuk mengembangkan usahanya agar lebih berkembang.

“Tadi juga mendapatkan penyuluhan, bagainana mengembangkan usahanya, kreativitas usaha mikro di Graha Grande agar lebih besar,” ucapnya. Kedepan kegiatan bazar akan dilakukan secara rutin setiap akhir pekan.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bogor Safrudin Bima mengatakan, kehadirannya untuk mendukung dan mensupport kreatifitas masyarakat di bidang UMKM, agar mereka kembali berdaya setelah digoncang pandemi.

“Usaha-usaha kan semua menghadapi ujian. Sekarang saatnya untuk bangkit,” katanya.

“Saya mendukung penuh kegiatan bazar UMKM ini sebagai bentuk kemandirian dan penguatan ekonomi masyarakat yang mengalami masalah akibat pandemi covid yang begitu lama,” sambungnya.

Kegiatan bazar tersebut turut dihadiri Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas Rasmana.(ded)

Editor : Yosep