Beranda Pendidikan Lurah Bojongkerta Luncurkan Gerakan Membaca dan Mendongeng

Lurah Bojongkerta Luncurkan Gerakan Membaca dan Mendongeng

Lurah Bojongkerta Luncurkan Gerakan Membaca dan Mendongeng
Lurah Bojongkerta Luncurkan Gerakan Membaca dan Mendongeng

RADAR BOGOR, Lurah Bojongkerta, Harry Cahyadi meluncurkan Gerakan Membaca dan Mendongeng di Taman Yamaha, Halaman Kantor Kelurahan Bojongkerta, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (23/9/2021).

Menurut dia, peluncuran Gerakan Membaca dan Mendongeng diperlukan karena kegiatan ini menjadi awal edukasi.

Kampung Tangguh Anti Narkoba Ikhtiar Kota Bogor

pmb universitas nusa bangsa bogor

Utamanya bagi anak-anak usia dini (PAUD), guru hingga para orang tuanya.

“Ini sifatnya berkesinambungan, tidak hanya hari ini saja atau karena ada penilaian. Ke depan akan menjadi kegiatan rutin,” katanya.

Dalam peluncuran tersebut, nampak para anak-anak usia dini dari dua PAUD di wilayah Bojongkerta, tidak hanya diajarkan membaca buku-buku yang disediakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) saja, tetapi juga diajak untuk berani belajar mendongeng, serta diajak memanen hasil pertanian KWT Kerta Jaya.

Pemilihan Taman Yamaha di lahan KWT Kerta Jaya, sebagai lokasi peluncuran ini menurut Lurah, karena di sana tersedia taman bermain dan taman bacaan.

Sehingga diharapkan anak-anak dapat belajar sambil bermain serta mengenal jenis-jenis sayuran. Mulai dari cara menanam, mengelola hingga memeliharanya.

“Jadi konsep KWT disini multifungsi dan outing class sehingga anak-anak dapat belajar secara non formal dan bermain. Sementara bagi para ibunya akan diberdayakan melalui KWT belajar cara bercocok tanam memanfaatkan pekarangan rumah dengan cara hidroponik. Termasuk beternak ayam yang hasilnya akan kita diberikan untuk dikonsumsi anak-anak PAUD,” jelas Harry.

Dengan adanya fasilitas tersebut, Harry juga berharap agar anak-anak PAUD di Kelurahan Bojongkerta tidak perlu jauh-jauh keluar wilayah, untuk belajar diluar tentang alam dan ekosistem. Apalagi kondisinya masih dalam penerapan PPKM.

Untuk melengkapi jenis tanaman dan koleksi hewan ternak ke depan akan ditambah. Selain itu, untuk konsep indoor dalam waktu dekat akan dibangun pojok ekspresi anak-anak dilengkapi fasilitas mainan untuk melatih motorik halus anak.

“Intinya kita ingin membangun Kelurahan Ramah Anak,” ungkap Harry.

Kasi Pelayanan Otomasi Diskarpus Kota Bogor, Mursidah mendukung peluncuran Gerakan Membaca dan Mendongeng. Pihaknya memberikan rak dan buku cerita anak.

“Diharapkan setelah lomba kegiatan ini terus berkesinambungan, paling tidak di tingkat kelurahan, minimal satu bulan sekali. Dengan mendidik dan membiasakan membaca dapat mengurangi kegandrungan anak-anak terhadap gadget. Jadi gadget itu hanya sarana melengkapi,” kata Mursidah.

Editor: Rany