25 radar bogor

Hutan Kota Pondok Rajeg Mulai Uji Coba

Hutan Kota Pondok Rajeg Mulai Uji Coba
Hutan Kota Pondok Rajeg Mulai Uji Coba

RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dan Yayasan Korindo memulai uji coba penanaman Hutan Kota Pondok Rajeg, Cibinong, Bogor, pada Sabtu (25/9).

Kegiatan ini diresmikan secara langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor Asnan dan Ketua Yayasan Korindo Robert Seung.

Tahapan uji coba ditargetkan berlangsung selama satu tahun, atau berakhir pada September 2022. Selama itu, kedua belah pihak akan melakukan pengawasan secara intensif.

Kemendikbudristek Bantah PTM Jadi Klaster Covid

Dalam sambutannya, Seo Jeongsik berharap proses uji coba dapat berjalan dengan lancar dan menunjukkan hasil yang baik sehingga proses pembangunan dapat dilanjutkan di keseluruhan lahan.

’’Dengan begitu, keberadaan Hutan Kota Pondok Rajeg bisa segera memberikan manfaatnya untuk semua masyarakat,” tuturnya.

Kegiatan uji coba penanaman ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Bogor dengan Yayasan Korindo, yang dilakukan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor pada Senin (13/9) lalu.

Proses uji coba yang menjadi bagian dari studi kelayakan ini, perlu dilakukan terlebih dahulu. Pasalnya, karakteristik lahan di Hutan Kota Pondok Rajeg cenderung lunak.

Berbeda dengan Hutan Kota Pakansari, maupun area terbuka hijau lainnya yang sudah dibangun Korindo.

Uji coba penanaman dilakukan di tiga zona, yakni bagian selatan, tengah dan utara. Setiap zona memiliki luasan 900 meter persegi (m2) yang ditanami 100 pohon sengon dan trembesi.

Secara total, area uji tanam mencapai 2.700m2 dengan 300 pohon yang ditanam.

Apabila proses uji coba sudah selesai, Yayasan Korindo dan Pemkab Bogor akan masuk ke tahap berikutnya yaitu penandatanganan MoU kembali untuk penanaman secara resmi Hutan Kota Pondok Rajeg.

Mewakili Bupati Bogor Ade Yasin, Kadis DLH Asnan menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasih sebesar-sebesarnya kepada Yayasan Korindo yang sudah aktif berkontribusi kepada pembangunan Kabupaten Bogor.

“Semoga semua tahapan berjalan lancar sehingga Hutan Kota Pondok Rajeg dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat demi terwujudnya Kabupaten Bogor yang nyaman,” ucapnya.

Asnan menyebutkan, kolaborasi hijau yang dilakukan telah membantu mewujudkan komitmen Pemkab Bogor untuk menyiapkan sejumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kabupaten Bogor.

Sebagai informasi, Hutan Kota Pondok Rajeg merupakan program kolaborasi hijau kedua yang dilakukan Pemkab Bogor bersama Yayasan Korindo. Sebelumnya, kedua pihak berhasil mengonversi lahan kosong menjadi Hutan Kota Pakansari, Cibinong. (Jawapos)