25 radar bogor

PTM Terbatas Serentak 4 Oktober, Ini Syaratnya

PTM Terbatas Serentak 4 Oktober, Ini Syaratnya
PTM Terbatas Serentak 4 Oktober, Ini Syaratnya

RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, secara serentak untuk tingkat SMP/sederajat dan SMA/sederajat, Senin (4/10/2021) mendatang.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor bersinergi dengan dinas terkait, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Koperasi dan UKM dan Polresta Bogor Kota, tengah mempersiapkan pembukaan PTM terbatas secara matang dan rinci.

BPN Serahkan 35 Sertifikat Tanah Warga Rancamaya

“Kami sedang proses verifikasi faktual secara bertahap sejak 16 September. Dari tahap awal ada 50 SMP Negeri dan Swasta, 43 SMP sudah sesuai juknis sementara 7 SMP lainnya harus melengkapi persyaratannya dulu. Hari ini kami lanjut verifikasi faktual 27 SMP Swasta,” ujar Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi saat dikonfirmasi, Jumat (24/9/2021).

Hanafi mengatakan, sedikitnya ada dua persyaratan dokumen, lima personil pendukung, 19 sarana prasarana, 20 protokol kesehatan, enam prosedur pembelajaran, enam prosedur kesehatan, kebersihan dan keamanan, lima prosedur pelatihan dan humas yang harus dipenuhi sekolah sebelum PTM terbatas.

PTM Terbatas Serentak 4 Oktober, Ini Syaratnya
PTM Terbatas Serentak 4 Oktober, Ini Syaratnya

Dua dokumen tersebut, yakni izin/rekomendasi Stagas Covid-19 Kota Bogor dan Surat Keputusan (SK) Kadisdik.

Lima personil pendukung mulai dari petugas pemeriksaan suhu, pengawas prokes, kebersihan dan desinfeksi ruangan, pemeriksaan prokes Covid-19 di akses masuk dan keluar serta Satgas Covid-19 sekolah.

Sementara, 20 sarana prasarana, di antaranya ruang UKS, ruang transit isolasi, posko gabungan satgas Covid-19, fasilitas mencuci tangan dan hand sanitizer, alat pengukur suhu/thermo gun, desinfektan dan masker cadangan.

Ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, yakni adanya klaster sekolah, seperti di Jawa Tengah.

“Kami juga cek bangunan sekolah dan menuntaskan target 80 persen vaksinasi dosis satu bagi anak sekolah,” terangnya.

Kadisdik menuturkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan KCD dan Disdik Provinsi Jawa Barat yang membawahi SMA dan Kementerian Agama Kota Bogor yang membawahi MTS/MA agar ada langkah bersama membuka PTM terbatas serentak di Kota Bogor dengan mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

“Harapan kami PTM bisa dibuka serentak SMP/MTS, SMA/SMK/MA dengan kuota peserta sebanyak-banyaknya 50 persen, baru setelah ini menyusul SD,” katanya. (*)

Editor: Rany