Beranda Bogor Raya Lima Desa Bersaing di Lomba Kampung Ramah Lingkungan

Lima Desa Bersaing di Lomba Kampung Ramah Lingkungan

Kampung Ramah Lingkungan
Penilaian lomba Kampung Ramah Lingkungan di Desa Gunung Menyan pada Kamis, (24/9/2021) kemarin.

PAMIJAHAN – RADAR BOGOR, Sebanyak lima desa di Kecamatan Pamijahan ikut serta lomba Kampung Ramah Lingkungan (KRL) tingkat Pratama. Penilaian pun dilakukan seperti di Desa Gunung Menyan Kamis (24/9/2021) kemarin.

Serahkan 500 Sertifikat Tanah untuk Warga Jasinga dan Pamijahan

Kepala Seksi Kemitraan dan Peran Serta Masyarakat DLH Kabupaten Bogor, Surya Sumini mengatakan, ada beberapa point yang menjadi dasar penilaian terhadap Kampung Ramah Lingkungan yang telah dibentuk.

mitra-10-shop-vaganza

“Seperti sanitasi, penghijauan juga peran serta masyarakat, berbeda dengan kategori madya dan jawara karena ini yang pertama kali ikut serta,” ujarnya saat melakukan penilaian.

Dari hasil penilaian Kampung Ramah Lingkungan , nantinya ke lima desa yakni Desa Gunung Menyan, Gunung Bunder II, Ciasihan, Pasarean dan Desa Cibunian akan memperebutkan juara 1 di tingkat kecamatan.

Untuk KRL Gempar di Desa Gunung Menyan, antusias dan keterlibatan warga cukup tinggi sehingga itu menjadi penilaian tambahan.

“Dari tingkat pratama bisa naik menjadi kategori madya, kebiasaan masyarakat ini harus kita pupuk,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Camat Pamijahan, Imam Mahmudi menuturkan, dari 15 desa yang ada di wilayahnya, baru lima desa yang siap ikut lomba Kampung Ramah Lingkungan kategori Pratama.

Untuk desa-desa lain diharapkan termotivasi untuk segera membentuk Kampung Ramah Lingkungan di wilayah masing-masing.

“Namun jangan hanya karena lomba lingkungan baru bersih, tapi ini menjadi pola hidup di wilayah desa,” harapnya.

Dengan diadakannya lomba ini, Kepala Desa Gunung Menyan, Wiwin Komalasari mengaku dapat mendorong warganya untuk lebih perduli terhadap lingkungan.

Dengan berani terjun langsung ke lingkungan, dirinya berharap dapat memotivasi warga untuk menjaga kebersihan serta menjadi contoh ke depan.

“Ini juga menjadikan masyarakat menuju perubahan, terutama dalam hal menjaga lingkungan tetap bersih,” tandasnya.(cok)

Editor : Yosep