25 radar bogor

Polbangtan Hubungkan Petani Milenial dengan Dunia Usaha-Industri

Polbangtan Hubungkan Petani Milenial dengan Dunia Usaha-Industri
Polbangtan Hubungkan Petani Milenial dengan Dunia Usaha-Industri

BOGOR-RADAR BOGOR, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengadakan Job Fair 2021 untuk petani milenial.

Kegiatan yang dilakukan di Polbangtan Bogor Jalan Aria Surialaga, Kota Bogor, menyasar alumni dan masyarakat umum.

Kabar Baik buat Jemaah Umrah Indonesia

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) di lingkup Kementerian Pertanian mengatakan, Idha Widi Arsanti mengatakan, job fair dilakukan untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja. Serta link and mach antara Perguruan Tinggi, dan dunia usaha atau industri.

Polbangtan Hubungkan Petani Milenial dengan Dunia Usaha-Industri
Polbangtan Hubungkan Petani Milenial dengan Dunia Usaha-Industri

“Polbangtan Bogor sebagai Perguruan Tinggi vokasi di bawah Kementerian Pertanian mencoba melink-kan para lulusan kita, petani milenial ke dunia usaha dan industri. Dan itu sebenarnya sudah dilakukan,” kata Idha Widi, Kamis (23/9/2021).

Saat ini, kata dia, Polbangtan Bogor mencoba untuk mengemas dalam satu kegiatan, yakni job fair 2021.

“Karena kita lihat perlu satu upaya khusus, suatu upaya promosi, perlu upaya branding untuk disampaikan ke semua pihak,” ucapnya.

“Kami ingin mengenalkan kepada dunia usaha, dan sektor industri di dunia pertanian, bahwa lulusan Polbangtan dan petani milenial punya kualifikasi yang memenuhi untuk kemudian apakah mencetak job seeker, maupun job creator,” katanya.

“Upaya terobosan dari Polbangtan Bogor untuk melakukan akselerasi, untuk bisa link and mach bisa dapatkan bersama,” sambungnya.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian itu mengatakan, saat ini kerjasama dengan mitra kerja dan Polbangtan yang tersebar di seluruh Indonesia sudah cukup banyak.

Berdasarkan catatannya, ada sekitar 300 kerjasama yang telah dilakukannya.

“Kita sudah cukup terkenal, oleh mitra dan menjadi tranding topik di google, jika dibandingkan dengan yang lain. Dengan banyak mitra usaha dan industri. Kita ingin memantapkan lagi, meyakinkan lagi, dan memperluas jaringan kerjasama yang lebih luas,” ungkapnya.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut, kata dia, bisa tercapai target serapan tenaga kerja ataupun lulusan Polbangtan yang menciptakan lapangan pekerjaan.

“Apakah 90 persen lulusan sudah terserap di dunia usaha dan industri. Polbangtan baru saja melakukan wisuda dan saat ini diesnatalis. Masa ini sangat tepat untuk melaksanakan ini,” katanya.

Sementara, Direktur Polbangtan Bogor Detia Tri Yunandar menjelaskan, Job Fair Polbangtan Bogor memberikan konsep yang berbeda, yakni kegiatan ini memadukan bursa dan peluang berwirausaha.

“Ada dua sasaran, pertama mempertemukan para pencari kerja, dengan dunia usaha, dunia industri yang membuka peluang pekerjaan,” ucapnya.

Kemudian, mempertemukan juga para pencari kerja dengan para wirausaha sukses, dengan harapan menjadi contoh dan tumbuh keinginan agar bisa menjadi seorang wirausaha.

“Menciptakan lapangan pekerjaan, sesuai dengan komitmen Polbangtan Bogor. Jadi, lulusan kami selain pencari kerja, juga pencip lapangan pekerjaan,” tukasnya.(ded)

Editor: Rany