Beranda Bogor Raya Selama Pandemi 5 Anak di Bogor Alami Gizi Buruk

Selama Pandemi 5 Anak di Bogor Alami Gizi Buruk

Anak Tiga Tahun di Caringin Alami Gizi Buruk

CARINGIN-RADAR BOGOR, Kasus gizi buruk masih mudah dijumpai di Kabupaten Bogor.

Selama pandemi, tercatat ada lima kasus gizi buruk di Kabupaten Bogor. Salah satunya terjadi di wilayah selatan, tepatnya di Desa Ciderum, Kecamatan Caringin.

Anak Tiga Tahun di Caringin Alami Gizi Buruk

mitra-10-shop-vaganza

Ketua Markas Pejuang Bogor (MPB), Atiek Yulis menuturkan, sejak Januari hingga September 2021, ditemukan lima kasus gizi buruk.

“Empat ditangani oleh MPB,” katanya kepada Radar Bogor Rabu (22/9/2021).

Lanjut Atiek, gizi buruk di Kabupaten Bogor masih terus ditemukan. Baik usia balita ataupun orang dewasa.

“Hal ini harus diperhatikan Bappedalitbang dan DPRD,” tuturnya.

Sementara untuk gizi buruk usia bayi sampai balita, lanjutnya, peran besar pencegahan ada di puskesmas. Kemudian secara teknis, melalui posyandu harus rutin sebulan sekali diadakan penimbangan dan pemeriksaan oleh bidan desa.

“Ini untuk bisa mendeteksi lebih dini,” lanjut Atiek.

Atiek juga menjelaskan, kasus gizi buruk yang MPB temukan, berada di lingkungan keluarga kurang mampu. Untuk itu, Jika ada catatan balita dari keluarga yang ekonominya kurang, sebaiknya ada perhatian lebih dan ada pengajuan bantuan untuk ibu dan bayinya.

“Bisa diajukan ke Dinas Kesehatan melalui puskesmas tentang makanan dengan nutrisi dan gizi yang baik agar dikonsumsi setiap hari, pengecekan rumah yang ditempati harus sehat, bersih dan cukup ventilasi udaranya,” jelasnya.

Untuk gizi buruk usia dewasa atau lansia peran besar adalah RT setempat. Jangan sampai ada yang kelaparan dan tidak cukup gizi untuk dikonsumsi.

“Segera laporkan ke RW dan berjenjang ke desa agar segera mendapat bantuan permakanan secara rutin dilanjut pendataan dimasukkan ke DTKS proses selanjutnya ke Dinsos dan seterusnya,” tukasnya. (all)

Editor: Rany