Beranda Bogor Raya Permudah layanan Publik, Siapkan Aplikasi Simpel Desa

Permudah layanan Publik, Siapkan Aplikasi Simpel Desa

Aplikasi Simpel Desa
Staf Desa Sukamakmur saat mengecek web aplikasi Simpel Desa.

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Mempermudah pelayanan masyarakat, Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor menyiapkan aplikasi Simpel Desa (Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Desa).

Menggunakan Dana Samisade, Jalan Desa Leuwimekar Diaspal

Ya, Simpel Desa merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan smartphone.

Simpel Desa memberikan solusi peningkatan administrasi, pelayanan publik, pelayanan dasar sosial berbasis digital dan peningkatan ekonomi desa.

“Aplikasi Simpel Desa bertujuan memudahkan pelayanan masyarakat desa, publikasi produk UKM dan pembangunan desa,” kata Kepala Desa Sukamakmur, Ujang Sunandar kepada Radar Bogor, Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut Ujang Mengatakan, aplikasi Simpel Desa itu juga memiliki kolom aspirasi warga, sehinga warga dapat melaporkan atau memberikan masukan kepada desa.

“Ini kan dapat membantu warga. Jadi warga yang mau urus surat atau keluhan dapat disampaikan di web Desa Sukamakmur,” tambah ujang.

Tidak semua warga mengetahui adanya web tersebut, Ujang akan terus melakukan sosialisasi kepada warga agar aplikasi Simpel Desa ini dapat berjalan.

“Kami terus lakukan sosialisai kepada warga memberi masukan, kalau ada keperluan dengan desa dapat melalui ponsel,” tungkas Ujang.

Ditempat yang sama, Asiah warga Desa Sukamakmur mengapresiasi desa dengan adanya aplikasi Simpel Desa tersebut. Namun terkadang masih ada hambatan sinyal.

“Lebih praktis aplikasi itu, jadi kalau ada apa-apa di aplikasi itu kami apresiasikan di kolam aspirasi warga,” pungkas Asiah.(cr)