Beranda Bogor Raya Harga Terjangkau, Tembakau Sintetis Mudah Didapat

Harga Terjangkau, Tembakau Sintetis Mudah Didapat

Tambakau Sintetis
Pelaku peredaran tembakau sintetis saat temu Media bersama Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago di Mapolres Bogor, Cibinong. Selasa (21/9/2021). Foto : Hendi

CIBINONG-RADAR BOGOR, Kasus perdagangan tembakau sintetis terus ditelusuri Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat . Musababnya, peredaran tembakau sintetis itu cukup luas dan mudah didapat dengan harga terjangkau.

11 Tersangka Home Industri Tembakau Gorila Dibekuk

“Peredaran tembakau sintetis cukup mudah dicari bagi kalangan muda, bahkan banyak varian rasa. Mulai dari nangka, pisang dan harga cukup murah beda dengan jenis narkoba lainnya,” kata Direktur Reserse Narkoba Polda Jawa Barat Kombes Pol Rudy Ahmad Sudrajat ketika menghadiri prescon pengungkapan kasus di Polres Bogor, Rabu (22/9/2021).

pmb universitas nusa bangsa bogor

Ia menjelaskan, peredaran tembakau sintetis di wilayah Bogor cukup tinggi, karena berada di perbatasan Jakarta dan kawasan wisata sehingga pelaku bisa mudah mendapatkan barang tersebut.

“Memang untuk biangnya dikirim dari China, dan lewat bandara pun tidak bisa terdeteksi karena tembakau biasa,” jelasnya.

Ia berupaya terus agar jaringan perdagangan tembakau sintetis bisa dibendung. Agar mampu dikendalikan dengan cepat.

“Ditempat umum pun orang tidak akan tahu kalau itu barang haram, karena bahannya hanya disemprotkan ke tembakau biasa,” tegasnya.

Ketika ditanyai akan menyisir toko tembakau, dirinya belum mengarah ke situ karena penjual pun hanya tembakau. Tapi ketika sudah dikemas mereka campur dengan biangnya.

“Yang jelas kita terus telusuri peredaran tembakau sisntetis. Karena, dengan harga murah siapapun bisa mendapatkan, makanya peminatnya kebanyakan kalangan muda dari mahasiswa sampai anak sekolah,” tutupnya. (abi)

Editor : Yosep