25 radar bogor

Tiga Hari Jaringan Kacau, IndiHome Pastikan Internet Sudah Berangsur Pulih

Logo IndiHome

RADAR BOGOR, Semenjak Minggu sore (19/9/2021), layanan internet IndiHome dikeluhkan mengalami gangguan.

Hal ini, menurut pantauan radarbogor.id yang menyebabkan tagar #indihomedown menjadi trending topic di twitter dengan kurang lebih 2.578 twit pada Selasa (21/9/2021).

Terkait hal ini, IndiHome memastikan layanan internetnya sudah berangsur pulih.
Informasi ini dibagikannya melalui postingan akun Instagram resminya, @indihome.

“Kini, layanan sudah berangsur pulih, kami berfokus secepatnya melalukan pemulihan layanan,” tulis @indihome, Selasa (21/9/2021).

Pihaknya menjelaskan, hingga saat ini PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan di wilayah yang mengalami gangguan pada Minggu malam.

Penurunan layanan internet IndiHome ini dikarenakan adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan ruas Batam – Pontianak.

Titik gangguan sekira 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut.

“Kami akan terus mengupayakan dan memprioritaskan percepatan yang sudah berangsur pulih, agar kualitas layanan bisa segera kembali normal,” jelasnya.

IndiHome bersama Telkom Indonesia telah melakukan langkah cepat untuk mengatasi gangguan internet yang terjadi pada layananannya.

Adapun upaya yang dilakukan yakni, segera melakukan rerouting trafik, alternatif jalur komunikasi.

Kemudian pihaknya juga melakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.

Sementara itu, Telkomsel yang juga mengalami gangguan internet turut membagikan update proses pemulihan gangguan.

Melalui akun Twitter resminya, @Telkomsel, pihaknya membagikan update proses pemulihan per Senin (20/9/2021).

Dalam keterangannya dijelaskan, Telkomsel bersama TelkomGroup telah mengupayakan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.

Untuk saatnya, sejumlah akses di titik wilayah yang terdampak mulai berangsur normal.

“Kami akan terus memastikan akselerasi proses pemulihan secara menyeluruh sehingga akses layanan internet Telkomsel dapat dinikmati dengan normal seperti biasa,” jelasnya. (ran/detik)