Beranda Ekonomi Tak Lagi Bersinar, Matahari Taman Topi Resmi Tutup

Tak Lagi Bersinar, Matahari Taman Topi Resmi Tutup

Matahari Taman Topi resmi tutup gerai. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pagebluk Covid-19 membuat para peritel terpaksa mengurangi jumlah gerainya.

Teranyar, Matahari Departement Store atau Matahari Taman Topi mengumumkan penutupan salah satu gerai legendarisnya di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Informasi penutupan Matahari Taman Topi itu tersebar di beberapa media sosial.

universitas pakuan unpak bogor

“Kami informasikan bahwa terhitung 16 September 2021, toko kami tutup untuk umum,” tulis dalam pengumuman tersebut.

“Terimakasih atas perhatian dan dukungan anda selama ini. Matahari masih melayani anda di gerai terdedekat. Antara lain Matahari Ekalokasari dan Matahari Cibinong City Mal (CCM),” sambung informasi penutupan Matahari Taman Topi itu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Bogor, Ganjar Gunawan membenarkan kabar tersebut. Saat ini Matahari Taman Topi resmi tidak beroperasi.

“Sudah tutup. Awalnya di Kota Bogor itu ada dua yang masih buka, pertama di Taman Topi dan Ekalokasari (Lippo Plaza Ekalokasari Bogor),” kata Ganjar, kepada Radar Bogor, Selasa (21/9/2021).

Menurutnya, sebelum pandemi Covid-19, keberadaan gerai Matahari Departement Store di Kota Bogor tersebar di beberapa mall, seperti di Lippo Plaza Keboen Raya, Bogor Trade World (BTW). Saat ini gerai tersebut sudah tak ada.

“Di Taman Topi saya dengar sudah close, kita nanti cek lagi, karena memang belum ada pemberitahuan,” katanya.

“Secara resmi memang tidak ada pemberitahuan, termasuk giant. Tapi kita konfirmasi manager giant, pak kita sudah selesai, habis,” katanya.

Seperti diketahui, Hero Supermarket Tbk resmi menutup seluruh gerai Giant di Indonesia pada akhir Juli 2021.

Ganjar merinci, gerai Giant di Kota Bogor yang saat ini tutup yakni Giant Yasmin, Giant Dramaga, Giant Sindangbarang, Giant Pajajaran, dan Giant di Mall Botani Square.

“Dua ritel Giant dan Matahari bisa dibilang bangkrut. Secara lisan juga belum, hanya sempat ngobrol dengan managemen Matahari di Lippo, tinggal itu yang bertahan yakni di elos (Ekalokasari),” katanya.

Untuk diketahui, Matahari Taman Topi sudah berdiri sejak tahun 1960 an dan termasuk salah satu toko legendaris di Kota Bogor.

Pada tahun 1960, Matahari masih menggunakan bahasa Belanda bernama De Zon, yang artinya Matahari. (ded)

Editor: Rany