Beranda Ekonomi Ulasan Lengkap Aplikasi Transfer Antar Bank yang Hemat dan Menguntungkan

Ulasan Lengkap Aplikasi Transfer Antar Bank yang Hemat dan Menguntungkan

Transfer antar bank
Ilustrasi Transfer antar bank

GAYA hidup transaksi keuangan di era digital seperti sekarang ini terus berkembang dengan adanya aplikasi transfer antar bank. Hampir semua kegiatan yang berkaitan dengan keuangan dan juga pemenuhan kebutuhan bisa dilakukan secara daring.

Menko Airlangga: Kewajiban Kredit UMKM di Perbankan Minimal Sebesar 30 Persen dari Total Penyaluran Kredit pada 2024

Mulai dari jual beli barang, bayar tagihan dan sebagainya menjadi kegiatan sehari-hari. Kendalanya sering dihadapi ketika transaksi keuangan atau transfer ini dilakukan dari beda bank. Tentu saja akan dikenakan biaya administrasi yang jika diakumulasikan nominalnya akan terus membesar.

mitra-10-shop-vaganza

Beruntung saat ini telah hadir aplikasi transfer antar bank yang menghemat anggaran serta sangat menguntungkan bagi pribadi maupun pebisnis yaitu Flip. Aplikasi Flip merupakan salah satu aplikasi yang telah lama memberikan fasilitas transfer antar bank tanpa biaya atau gratis.

Aplikasi Transfer Antar Bank yang Hemat dan Menguntungkan

Selain bisa membuat kantong digital Anda lebih hemat, Anda juga memperoleh keuntungan di setiap transaksi yang Anda lakukan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengakumulasikan kode unik yang Anda lakukan di setiap transaksi.

Caranya cukup mudah, Anda akan diminta menuliskan 3 kode unik di setiap melakukan transfer. Kode ini akan dikirimkan saat Anda melakukan pengiriman uang ke bank manapun.

Selanjutnya kode tersebut akan dikirim bersamaan dengan jumlah uang yang ingin Anda transfer ke bank yang sama milik Flip. Kemudian aplikasi tersebut akan mengirim dan meneruskan uang yang Anda kirim ke nomor rekening tujuan.

Misalkan Anda melakukan transfer uang sejumlah Rp100.000 maka aplikasi akan meminta Anda menambahkan kode unik seperti Rp100.109 untuk dikirim. Kode unik ini bisa memudahkan proses transaksi oleh pihak administrasi.

Selain itu kode unik yang Anda masukan tersebut tidak dibebankan pada jumlah transfer. Akan tetapi, kode unik tersebut terakumulasi dan dapat Anda klaim nantinya. Setelah akumulasi dalam jumlah yang sesuai, Anda bisa menggunakannya atau menukarnya untuk membeli token listrik, kuota internet atau mentransfernya ke nomor rekening Anda. Sangat menguntungkan bukan?

Tentang Aplikasi Flip

Aplikasi transfer uang ke semua bank tanpa biaya administrasi ini memiliki sistem keamanan yang sangat tinggi. Selain itu, aplikasi ini juga telah memiliki izin transaksi yang diberikan oleh Bank Indonesia.

Setiap proses transfer yang dilakukan memiliki bukti transfer yang disimpan oleh aplikasi. Bukti transfer tersebut masih bisa Anda gunakan selama akun Anda masih aktif. Proses transfer yang dilakukan akan melalui proses selama sekitar 10 menit.

Perkembangannya kini ada info terbaru yaitu proses transfer yang telah melewati batas limit sebesar Rp. 5.000.000 akan dikenakan biaya transfer jika memilih proses transfer instan.

Maksudnya Anda akan diberikan pilihan Transfer Instan atau Transfer Gratis di setiap proses transaksi Anda. Untuk transaksi instan Anda akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Namun Anda perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp. 500 saja.

Sedangkan untuk transaksi gratis yang dilakukan di luar jumlah limit minimal tersebut akan membutuhkan waktu cukup lama. Transaksi gratis ini akan tetap gratis namun akan mengalami proses selama sekitar 25 menit untuk menyelesaikan transaksi.

Cara menggunakan aplikasi ini yaitu:

  • Pertama Anda perlu menginstal aplikasi Flip terlebih dahulu. Jika Anda sebelumnya sudah memiliki aplikasi ini, disarankan untuk melakukan update secara berkala untuk mendapatkan fasilitas terbaru yang ada. Kemudian verifikasi data diri dengan mencocokkan kode yang dikirim ke email ataupun ke nomor hp Anda. Ikuti arahn yang diberikan untuk bisa masuk ke menu utama aplikasi.
  • Setelah selesai, buka aplikasi Pilih menu Kirim Uang. Lalu tunggu sampai tampilan muncul untuk Rekening Penerima/Tujuan. Selanjutnya pilih menu tersebut dan masukkan jumlah uang yang ingin Anda transfer. Pilih lanjutkan. Jangan lupa cek kembali Nama di menu yang tersedia.
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih Metode Pembayaran. Anda harus memilih bank yang ingin Anda gunakan. Lalu transfer jumlah uang yang telah diisi dengan kode unik ke aplikasi Flip. Tunggu beberapa menit kemudian akan muncul buktir transfer di layar Anda.

Mudah bukan cara penggunaannya? Jadi, kini semua bisa menggunakan aplikasi transfer uang antar bank gratis sekaligus berhemat dan menguntungkan. (*)

Editor : Yosep