25 radar bogor

Kelurahan Cikaret Disulap Jadi Kampung Tangguh Anti Narkoba

Pembuatan mural sepanjang 100 meter di pintu masuk RW 01 Kelurahan Cikaret dengan berisikan pesan bahaya narkoba.

BOGOR-RADAR BOGOR, Polresta Bogor Kota tengah memoles wilayah RW 01, Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor menjadi Kampung Tangguh Anti Narkoba.

Kota Bogor Belum Aman dari Ancaman Narkoba, Ribuan Barang Bukti Dimusnahkan

Teranyar, sejumlah pemuda tengah melukis atau menggambar mural berisikan pesan tentang bahaya narkoba disepanjang dinding pintu masuk wilayah RW 01, Kelurahan Cikaret.

Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota, Kompol Agus Susanto mengatakan, persiapan untuk menyulap wilayah RW 01, Kelurahan Cikaret, menjadi Kampung Tangguh Anti Narkoba terus dilakukan, termasuk pesan kepada warga melalui mural.

“Jadi hari ini kita sedang mempersiapkan untuk mewujudkan Kampung Tangguh Anti Narkoba di Kelurahan Cikaret,” kata Kompol Agus Susanto saat ditemui di lokasi, Jumat (17/9/2021).

Mural yang dibuat sepanjang 100 meter di sepanjang pintu masuk RW 01 dengan berisikan pesan bahaya penggunaan narkoba.

“Saat ini persiapan yang kita laksanakan adalah membuat lukisan mural di sepanjang pintu masuk RW 01,” katanya.

Menurutnya, dalam kegiatan melukis mural di dinding pintu masuk RW 01, pihaknya menggaet komunitas mural Bogor yang di mana salah satu anggota dari komunitas ini merupakan warga RW 01.

“Jadi saat kami menyampaikan tentang rencana membuat Kampung Tangguh Anti Narkoba di RW 01, ada salah satu warga disini yang menyampaikan idenya untuk membuat mural yang berisikan tentang bahaya narkoba,” ucap Kasat Narkoba.

“Dari pengakuannya, dia ini merupakan mantan pengguna (narkoba) tapi sekarang Alhamdulillah sudah berhenti,” lanjut dia.

Kampung Tangguh Anti Narkoba

Karena, dilanjutkannya, warga yang bersangkutan ini memiliki keahlian di bidang seni baik melukis dan menggambar, maka pihaknya menyerahkan kegiatan melukis mural ini kepada dirinya.

“Kebetulan yang bersangkutan ini mengajak rekan-rekannya untuk membuat mural. Ya kita serahkan kepada mereka untuk menuangkan idenya melalui cara dan kemampuannya mereka memberikan himbauan tentang bahaya narkoba,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Kasat Narkoba tak lupa mengapresiasi ide membuat lukisan mural tentang bahaya narkoba tersebut.

Semoga melalui kreativitas para pemuda ini, wilayah RW 01 Kelurahan Cikaret tidak lagi menjadi wilayah yang rawan akan peredaran narkoba.

Kompol Agus menurutkan, sebelum ada kegiatan tersebut, data tiga bulan terakhir kawasan Cikaret merupakan daerah rawan peredaran narkoba.

“Tapi setelah kita melakukan sosialisasi dan penyuluhan, Alhamdulillah dalam dua minggu terakhir ini kami tidak menemukan informasi adanya peredaran narkoba disini dan ini cukup efektif ya dengan kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan,” beber dia.

“Apalagi himbauan melalui mural ini mudah dibaca, dilihat dan masuk pesannya kepada masyarakat tentang bahaya narkoba,” ungkapnya.

Soal kapan Kampung Anti Tangguh Narkoba akan dilaunching, ditambahkannya, kemungkinan akan dilaunching pada pekan depan.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari Komunitas Mural Bogor, Bintang Dwi Kurnia berharap, lukisan mural yang dibuat di sepanjang 100 meter pada bagian kanan dan kiri dinding pintu masuk RW 01 Kelurahan Cikaret itu mendapat respon dari masyarakat sekitar.

“Kita berharap pesannya sampai. Karena kita juga menggambar lukisan yang gampang dimengerti semua kalangan, termasuk memasukan kata-kata tentang bahaya narkoba,” tukasnya. (ded)

Editor : Yosep