Beranda Nasional Cuaca Buruk, 3 Jenazah Awak pesawat Rimbun Air PK OTW Ditemukan

Cuaca Buruk, 3 Jenazah Awak pesawat Rimbun Air PK OTW Ditemukan

Jenazah tiga kru pesawat Rimbun Air beserta black box saat dinaikan ke atas pesawat di Bandara Bilogai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya untuk diterbangkan ke Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Kamis (16/9) pagi. (Kapolres Intan Jaya for Cenderawasih Pos)

RADAR BOGOR, Tim gabungan berhasil mengevakuasi jenazah 3 awak pesawat Rimbun Air PK OTW yang jatuh di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Evakuasi sempat terhambat karena cuaca yang buruk.

“Pukul 15.30 WIT, tim gabungan sampai di TKP dan menemukan ketiga kru pesawat dalam keadaan meninggal dunia, namun ketika akan dilakukan evakuasi terjadi hujan lebat dan berkabut sehingga tim memutuskan untuk menunda proses evakuasi,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal kepada wartawan, Jumat (17/9).

Kamal menuturkan, awalnya hanya satu jenazah yahg bisa dievakuasi. Sedangkan 2 lainnya tertimpa badan pesawat. Namun, dengan berbagai upaya, kedua korban lainnya pun berhasil diangkat.

pmb universitas nusa bangsa bogor

“Pukul 23.45 WIT cuaca kembali membaik dan proses evakuasi kembali dilanjutkan. Tim gabungan berhasil mengevakuasi korban menuju Sugapa,” jelas Kamal.

Sebelumnya, pesawat Rimbun Air PK OTW dinyatakan hilang kontak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (15/9) sekitar pukul 07.37 WIT. Pesawat tersebut sebelumnya terbang dari Kabupaten Nabire.

“Pukul 06.40 WIT, Pesawat Rimbun Air PK OTW take off dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya dengan membawa kargo bahan bangunan,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal.

Pukul 07.37 WIT, Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum hilang kontak. Setelah itu, tidak ada lagi kontak dari pesawat Rimbun Air PK OTW. Pesawat tersebut diawaki oleh 3 orang yakni Mirza sebagai pilot, Fajar sebagai co-pilot, dan Iswahyudi sebagai teknisi mesin. (Jawapos)