Beranda Metropolis Aksi Wold Cleanup Day, Relawan Bebersih Sungai Ciliwung

Aksi Wold Cleanup Day, Relawan Bebersih Sungai Ciliwung

Sejumlah relawan saat membersihkan sampah di Sungai Ciliwung Katulampa dalam aksi Wold Cleanup Day (WCD). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Aksi Wold Cleanup Day (WCD) Kota Bogor terus berlanjut. Kali ini menyasar Sungai Ciliwung.

Beda, KPC Kibarkan Bendera Merah Putih di Bantaran Sungai Ciliwung

Sejumlah petugas gabungan dan Satgas Naturalisasi Ciliwung bersama relawan membersihkan sampah yang dilintasi Sungai Ciliwung.

mitra-10-shop-vaganza

Kepala Bidang Persampahan pada DLH Kota Bogor, Feby Darmawan mengatakan, setelah bebersih sampah di sekitaran Taman Heulang pada saat pencangan WCD Kota Bogor, kegiatan berikutnya melakukan bebersih Sungai Ciliwung.

“Jadi beberapa hari ini fokus bebersih sungai Ciliwung,”kata Feby, Jumat (17/9/2021).

Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa titik, pertama di Sempur, Bantar Jati, Babakan Pasar, Baranangsiang, Bendung Katulampa, Kedunghalang, dan Cibuluh. Wilayah tersebut, kata dia, dilintasi oleh Sungai Ciliwung.

Aksi tersebut merupakan rangkaian kegiatan WCD, selain mengantisipasi tumpukan sampah di Sungai saat musim penghujan, kegiatan itu juga agar memberikan contoh kepada masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan ke sungai.

“Selain komunitas dan pegiat Ciliwung, kita juga melibatkan masyarakat. Pesannya mudah-mudahan sampai agar tak membung sampah sembarangan,” katanya.

Sebelumnya, Pencanangan Wold Cleanup Day (WCD) Kota Bogor dimulai. Ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah disiapkan untuk mengajak warga Kota Bogor mengurangi produksi sampah di kota hujan.

Leader Tim For WCD Kota Bogor Fardhiatunajah mengatakan, WCD merupakan aksi bersih-bersih terbesar di dunia yang dilakukan serentak di 158 negara.

WCD dinaungi oleh Let’s Do It World dan diinisiasi oleh JCI Estonia dengan Pemerintah Estonia, yang kemudian menghasilkan sebuah gerakan Internasional yang didirikan oleh para pendiri yang berasal dari Asia (termasuk Indonesia), Amerika, Eropa, Afrika, dan Oseania.

“Untuk tahun ini temanya Bersatu untuk Indonesia Bersih,” kata Fardhiatunajah, di Taman Heulang, Kota Bogor, Minggu (12/9/2021).

Menurutnya, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi kepada masyarakat pada 8-9 September, kemudian dilanjutkan dengan pencangan bebersih 12-24 September.

“Tiga titik nanti kegiatanya, pertama aksi pencanangan di Taman Heulang, dilanjut bebersih Ciliwung, dan Hutan Cifor di Kecamatan Bogor Barat,” katanya.

Untuk bebersih Sungai Ciliwung, dituturkanya akan melibatkan semua komunitas, dan masyarakat.

Tahun ini juga, kata dia, ada beberapa kegiatan pilah sampah dari rumah bisa didaftarkan di Indo Relawan. “Yang datang kesini bisa pilah sampah dari rumah,” katanya.(ded)

Editor : Yosep