Beranda Bogor Raya Di Gunungputri Nabung Sampah Bisa Jadi Emas

Di Gunungputri Nabung Sampah Bisa Jadi Emas

Nabung sampah di gunungputri
Kampung KRL Melati, Kadu Pugur RT 02 RW 03, Desa Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang dapat merubah Sampah menjadi emas.

GUNUNGPUTRI – RADAR BOGOR, Kebanyakan orang memandang sampah merupakan barang yang kotor dan menjijikan.

Namun, berbeda di Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Melati, Kadu Pugur RT 02 RW 03, Desa Cikeas, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor yang dapat merubah sampah menjadi barang mewah berupa emas.

Di Kampung Ramah Lingkungan (KRL) Melati ini warga diajak mengumpulkan sampah untuk ditabung di Bank Sampah Melati dengan bayaran berupa emas mulai dari 1 gram hingga 3 gram.

pmb universitas nusa bangsa bogor

“Memang tujuan bank sampah itu merubah sampah menjadi emas, itu visi dan misi kita,” kata Endang Irawati kepada Radar Bogor, Kamis (16/9/2021).

Para warga di RW 03 biasanya mengumpulkan sampah mulai dari sampah organik, maupun non organik. Lalu di tabung di bank sampah selama lima sampai enam bulan tergantung banyaknya sampah yang dihasilkan.

“Untuk nasabah ada 120 nasabah, per hari bisa sampai 2,5 sampai 3 kwintal sampah dari warga. Ada yang langsung bank sampah jual ke pengepul ada juga yang dipilah dulu,” tambahnya.

Selain itu, Endang Irawati berharap dengan adanya bank sampah ini, dapat memperindah serta membersihkan Kampung KRL Melati

“Warga senang bisa dapat emas dari hasil kumpul sampah, sebelumnya mereka berpikir sampah barang yang kotor dan tidak mungkin bisa jadi emas, di sini nyata bisa dituker emas,” pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep