25 radar bogor

485 Santri Santriwati Berlomba Wakili Kota Bogor di Lomba MTQ Jawa Barat

485 Santri Santriwati Berlomba Wakili Kota Bogor di Lomba MTQ Jawa Barat

BOGOR-RADAR BOGOR, Sebanyak 485 santri dan santriwati mengikuti ajang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-40 tingkat Kota Bogor tahun 2021.

Kegiatan tersebut dilakukan selama empat hari dan dilaksanakan di PPIB dan Masjid Raya Bogor sejak Rabu hingga Sabtu (15-18/9/2021).

Anggota Dewan Hakim MTQ ke-40 tingkat Kota Bogor, Ahmad Fathoni mengatakan, 485 santri dan santriwati yang mengikuti ajang lomba merupakan perwakilan dari masing-masing Ponpes yang ada di enam kecamatan Kota Bogor.

“Jadi mereka ini merupakan peserta yang sudah di seleksi di masing-masing kecamatan. Kemudian mereka mengikuti lomba MTQ tingkat kota,” kata Fathoni kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, sebanyak 485 santri dan santriwati ini mengikuti delapan cabang yang diperlombakan. Diantaranya, cabang tilawah Al-Qur’an yang terbagi atas kategori golongan murottal dasar, anak-anak, remaja, dewasa serta cacat netra. Total ada sebanyak 116 peserta.

Kemudian, cabang qiroat Al-Qur’an terbagi atas kategori golongan remaja murottal, dewasa murottal dan dewasa mujawwad. Total ada sebanyak 58 peserta.

Selanjutnya, cabang hifdz Al-Qur’an terbagi atas kategori golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz serta 30 juz. Total ada sebanyak 107 peserta.

Lalu, cabang tafsir Al-Qur’an terbagi atas kategori golongan bahasa arab juz 12, bahasa inggris juz 11 dan bahasa Indonesia juz 13. Total ada sebanyak 36 peserta.

Selain itu, cabang fahm Al-Qur’an diikuti 24 peserta. Lalu, cabang syarh Al-Qur’an diikuti sebanyak 24 peserta.

Kemudian, cabang khat Al-Qur’an terbagi atas kategori golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi serta kontemporer. Total ada sebanyak 96 peserta.

Terakhir, cabang makalah Al-Qur’an sebanyak 24 peserta. “Jadi total semua peserta itu berjumlah 485 orang, terdiri dari santri dan santriwati. Mereka ini nantinya akan memperebutkan juara satu di 23 kategori (laki-laki dan perempuan) yang diperlombakan,” ucapnya.

Tak hanya sebatas menjadi juara satu, dilanjutkan Fathoni, para juara baik itu santri dan santriwati dari 23 kategori yang diperlombakan, nantinya akan disiapkan untuk mengikuti ajang lomba MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Nantinya mereka juga akan disiapkan dalam MTQ ajang tingkat Jabar pada tahun depan,” tukasnya.

Reporter: Dede
Editor: Rany