Beranda Berita Utama Ungkap Kedok Kelompok JI Danai Kegiatan Terorisme, Lewat Kotak Amal

Ungkap Kedok Kelompok JI Danai Kegiatan Terorisme, Lewat Kotak Amal

Ilustrasi Penangkapan Terduga Teroris.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar meminta masyarakat untuk hati-hati saat memberikan sumbangan lewat kotak amal.

Menurut Boy, saat ini kelompok terorisme Jamaah Islamiyah (JI) telah melakukan penggalangan dana dengan kotak amal kepada masyarakat. Mereka memakai kedok dengan membuat yayasan untuk menggalang dana.

“Upaya dengan melakukan kegiatan menggunakan nama-nama baru seperti Syam Organizer, One Care, dan Abu Ahmed Fondation, dimana menyalahgunakan kotak-kotak amal,” ujar Boy dalam rapat dengan Komisi III DPR, Rabu (15/9).

mitra-10-shop-vaganza

Boy mengatakan, dana dari kotak amal tersebut digunakan kelompok JI untuk merekrut orang agar bisa ikut dalam kegiatan-kegiatan radikal. Termasuk memberangkatkan orang ke Syria dan Irak.

“Mereka adalah orang-orang yang melakukan organisasi sebagai event organizer untuk pengumpulan anak-anak muda untuk berangkat ke Irak dan Syria,” katanya.

Boy mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) terkait penggalangan dana lewat kotak amal ini. Kementerian terkait akan mengawasi jika ada yayasan yang melakukan sumbangan fiktif.

“Itu masalah legalisasi dari yasasan-yayasan terkait,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Boy berujar BNPT akan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait memberikan sumbangan. Jangan sampai sumbangan yang diberikan masyarakat ternyata malah untuk mendanai kegiatan terorisme.

“Kita juga perlu mengedukasi masyarakat yang memang niatnya baik untuk berderma tetapi kalau salah untuk berderma sama dengan mendukung tindakan terorisme,” pungkas Boy. (jpc)

Editor : Yosep