25 radar bogor

Hilang Kontak di Pegunungan, Kokpit Pesawat Rimbun Air Hancur

Ilustrasi pria tewas di mesin pesawat yang beroperasi di Bandara Selt Lake City

RADAR BOGOR, Pesawat Rimbun Air PK OTW berhasil ditemukan. Pesawat tersebut sebelumnya dikabarkan hilang kontak setelah melakukan penerbangan dari Kabupaten Nabire Papua.

“Untuk lokasi pasti jatuhnya sudah (diketahui),” kata Wadanyonif Mekanis 521/DY, Mayor Inf Edi Dipramono saat dikonfirmasi, Rabu (15/9).

Edi menuturkan, pesawat ini dipastikan jatuh di area pegunungan. Letaknya di tengah hutan, sekitar 3,5 kilometer dari Bandara Bilorai, Sugapa.

Pesawat ini ditemukan dalam kondisi cukup parah. “Yang utuh tinggal bagian tengah sampai ekor, bagian kokpit hancur tidak terlihat,” imbuhnya.

Saat ini tim gabungan akan dikerahkan ke lokasi untuk mengevakuasi para korban. Belum bisa dipastikan kondisi ketiga awak pesawat. “Ini tim gabungan TNI-Polri sedang persiapan ke TKP,” pungkas Edi.

Sebelumnya, Pesawat Rimbun Air PK OTW dinyatakan hilang kontak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Rabu (15/9) sekitar pukul 07.37 WIT. Pesawat tersebut sebelumnya terbang dari Kabupaten Nabire.

“Pukul 06.40 WIT, Pesawat Rimbun Air PK OTW take off dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Intan Jaya dengan membawa kargo bahan bangunan,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal.

Pukul 07.37 WIT, Airnav Sugapa melakukan komunikasi terakhir dengan pilot sebelum hilang kontak. Setelah itu, tidak ada lagi kontak dari pesawat Rimbun Air PK OTW
Pesawat ini diawaki oleh 3 orang.

Yakni Mirza sebagai pilot, Fajar sebagai co-pilot, dan Iswahyudi sebagai teknisi mesin. Saat ini Polres Nabire telah mengerahkan pasukan untuk mencari keberadaan pesawat. (jawapos)