25 radar bogor

Puskesmas dan Rumah Tenaga Medis Dibakar Teroris KKB, Dua Nekas Hilang

ilustrasi KKB

PAPUA – RADAR BOGOR, Kelompok teroris di Papua kembali berulah. Kali ini KKB pimpinan Lamek Taplo membakar puskesmas dan rumah tenaga medis,  di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintan, Senin (14/9).

Dua orang tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Kiwirok pun dinyatakan hilang dan hingga kini belum diketahui keberadaannya.

’’Memang benar ada laporan dari Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 403/WP yang saat ini bertugas di Kiwirok, dua nakes belum diketahui keberadaannya,’’ kata Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan seperti dilansir dari Antara di Jayapura, Selasa (14/9).

Dia mengatakan, kedua nakes yang belum diketahui nasibnya berjenis kelamin laki-laki dan diduga melarikan diri ke arah perbukitan. Personel TNI masih terus melakukan pencarian dan berharap mereka ditemukan dalam keadaan selamat.

Dia menambahkan, tiga nakes terluka akibat KKB dalam peristiwa tersebut. ’’Dua nakes terkena panah dan seorang dianiaya hingga terluka,’’ terang Brigjen TNI Pangemanan.

Ketiganya ditemukan saat personel TNI melakukan pencarian terhadap petugas dan warga sipil yang bermukim di Kiwirok. Saat ini, 10 tenaga kesehatan termasuk dokter puskemas telah mengamankan diri ke pos Yonif 403/WP di Kiwirok.

’’Mereka belum bisa memberikan keterangan akibat trauma yang dideritanya, termasuk tiga orang yang baru ditemukan,’’ tutur Izak Pangemanan.​​​​​​​

KKB pimpinan Lamek Taplo, Senin (13/9), baku tembak dengan aparat keamanan di Kiwirok. Satu prajurit yakni Prada Ansar terluka di lengan tangan kanan. (jpc)

Editor : Yosep