Beranda Pendidikan Nadiem Minta Perguruan Tinggi Manfaatkan Kampus Merdeka

Nadiem Minta Perguruan Tinggi Manfaatkan Kampus Merdeka

Mendikbud Nadiem Makarim angkat bicara mengenai hal tersebut. Dikatakan sebelumnya bahwa kamus tersebut disusun tahun 2017 sebelum dirinya menjabat, dia meminta agar permasalahan ini disudahi. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan bahwa kebijakan Kampus Merdeka memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah untuk membuka program studi baru.

“Kami melakukan transformasi untuk kebijakan perguruan tinggi di mana kampus dimudahkan untuk membuka prodi baru. Sehingga saya berharap Ibu dan Bapak dapat memanfaatkan kesempatan ini,” ungkap dia dalam Lustrum XIII, Dies Natalis Ke-65 dan Peluncuran PTNBH Tahun 2021 Unand, Senin (13/9).

Ia mengharapkan seluruh perguruan tinggi dapat membuka prodi baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Revolusi harus dilakukan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam negeri.

“Membuka prodiprodi baru dengan bidang ilmu yang relevan dengan kebutuhan zaman,” terang dia.

Perguruan tinggi juga diminta untuk bisa menyesuaikan kebijakan Kampus Merdeka dengan profil akademik kampus. Menurutnya, apabila ini dilakukan, diyakini akan ada peningkatan kualitas mahasiswa.

“Saya juga berharap akan menghadirkan beragam inovasi yang dapat mendorong peningkatan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa,” tambahnya.

Saat ini juga ada platform Kedai Reka untuk kampus bekerjasama dengan dunia industri. Dengan itu, maka anak didik sudah lebih dini dipersiapkan untuk masuk ke dunia kerja.

“Lalu juga agar semakin lebih banyak dosen yang terpacu untuk mengembangkan dirinya dan berpartisipasi dalam berbagai macam institusi,” pungkas Nadiem. (jawapos)