25 radar bogor

Getok Tarif Parkir, Wisatawan Diminta Bayar Rp 35 Ribu

Ilustrasi warung di Puncak Bogor

CISARUA-RADAR BOGOR, Tidak hanya “getok” harga yang dilakukan oleh oknum pedagang nakal di kawasan puncak. Aksi “getok”tarif parkir pun juga terjadi di kawasan puncak.

Seperti di warpat, Cisarua, Kabupaten Bogor misalnya. Parkir sepeda motor Rp 5.000. dan paling mencengangkan adalah tarif parkir mobil, “ditembak” hingga Rp 35 ribu.

“Iya, kaget. Ini parkir Rp 35 ribu di warpat,” ujar Rendi Permana salah satu wisatawan kepada radar Bogor akhir pekan kemarin.

Ia mengaku, petugas parkir tidak menguntungkan seragam. Menggunakan pakaian bebas. Jumlahnya ada dua orang.

“Gak ada karcis lagi, jadi pas pulang langsung diminta bayar, alasanya weekend,” akunya.

Radar Bogor pun mencoba menyambangi warpat dan parkir sepeda motor. Benar saja, saat radar Bogor memberikan uang parkir Rp 2.000, penjaga parkir meminta tambahan dan menjelaskan bahwa parkir Rp 5000.

“Parkir Rp 5000 ya,” tutur salah satu tukang parkir.

Menanggapi hal itu, kasi trantib kecamatan Cisarua Efendi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan muspika kecamatan Cisarua perihal adanya “getok” tarif parkir di kawasan Cisarua.

“Kita akan kordinasi dan konfirmasi dengan Muspika,” katanya kepada Radar Bogor Senin (13/9/2021).

“Kita juga akan cek ke lapangan sekalian yang getok harga kopi,” tukasnya.

Sementara itu perihal resmi atau tidaknya pungutan parkir di kawasan puncak, serta pengawasan parkir di kawasan puncak, Kadishub Kabupaten Bogor Ade Yana belum bisa dikonfirmasi.

Telepon dan pesan singkat yang dilayangkan wartawan Radar Bogor belum ditanggapi.

Reporter: Arifal
Editor: Rany