25 radar bogor

Ditinggal Dua Tahun karena Pandemi, Ruko di Kawasan Surken Diobrak-Abrik Maling

Ditinggal Dua Tahun karena Pandemi, Ruko di Kawasan Surken Diobrak-Abrik Maling

BOGOR-RADAR BOGOR, Aksi pencurian toko yang menyasar pertokoan di kawasan Suryakencana (Surken), Kelurahan Babakanpasar, Kecamatan Bogor Tengah, kembali terjadi.

Pelaku yang diduga lebih dari dua orang tersebut menggasak seluruh barang berharga di salah satu rumah toko (ruko) lembaga bahasa Mandarin.

Selain mengambil barang berharga, pelaku juga mengobrak-abrik barang yang ada di ruangan bangunan yang memiliki luas lahan 400 meter tersebut.

Diduga pelaku masuk melalui atap dan menggunting kawat pengamanan yang berada di atap ruko tersebut.

Pengurus Ruko Pusat Kursus Bahasa Mandarin Handoyo mengatakan, ruko tersebut memang sudah dua tahun terakhir tidak digunakan tepatnya sejak pandemi Covid-19.

Menurutnya, sebelum pamdemi, bangunan empat lantai tersebut sempat digunakan sebagai pusat khursus bahasa Mandarin, tempat karaoke, hingga kerap digunakan sebagai fasilitas olah raga.

“Ini kan sebelumnya sebagai tempat les Mandarin, karaoke, dan tempat olah raga pingpong,” kata Handoyo, Senin (13/9/2021).

Karena anjuran pemerintah saat itu membatasi kegiatan masyarakat, termasuk melarang warga berkumpul, maka akhirnya ruko tersebut dibiarkan terbengkalai hingga kini.

Handoyo mengaku baru mengetahui aksi pencurian tersebut sepekan terakhir, setelah salah satu rekannya mengecek bangunan yang berada di kawasan pertokoan Pecinaan di kawasan Surken.

“Jadi salah satu pengurus datang ke ruko mau lihat-lihat, ternyata setelah dibuka kaget, karen sudah berantakan,” katanya.

Menurutnya, pelaku menggasak enam unit AC, seperangkat sound sistem, serta 20 kursi lipat.

“Yang mereka ambil itu beberapa AC, itupun hanya mesinnya. Sound sistem, kursi lipat, dan kabel instalasi listrik,” ucapnya.

Pantauan Radar Bogor, ruangan dalam kondisi berantakan, sebagian barang yang ada di lemari juga tercecer di lantai.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Babakan Pasar Aiptu Susanto juga sempat mengecek TKP pencurian yang bertempat di samping toko waralaba di Jalan Suryakencana Rt 4/6 Kelurahan Babakan Pasar, didampingi Ketua RW 04/06, Kelurahan Babakan Pasar, Mei Lina.

Diketahui, aksi pencurian di kawasan tersebut bukan kali pertama terjadi, sebelumnya Toko Jaya Makmur juga menjadi sasaran mereka.

Sebelumnya, Polresta Bogor Kota terus melakukan penyelidikan terkait dengan aksi pembobolan pertokoan di kawasan Suryakencana (Surken), Kecamatan Bogor Tengah.

Informasi yang dihimpun Radar Bogor, aksi pembobolan itu terjadi di Toko Jaya Makmur, Senin (19/7/2021) tepatnya malam Idul Adha sekitar pukul 23.00 WIB.

“Benar, penyidik sudah mendatangi lokasi curat di Jalan Suryakencana,” kata Kasubsi Penmas Polresta Bogor Kota, Iptu Rachmat Gumilar, Minggu (25/7/2021) malam.

Menurutnya, pelaku masuk melalui atap toko kemudian mengambil uang dengan total Rp10 juta.

Saat ini, kata dia, pemilik toko belum membuat laporan aksi pembobolan toko di kawasan itu. Meski demikian, penyidik tengah memburu aksi pencurian tersebut dengan berbekal rekaman CCTV.

Reporter: Dede
Editor: Rany