Beranda Bogor Raya Ada Warga Alami Gizi Buruk, TP-PKK Citeureup Berikan Bantuan

Ada Warga Alami Gizi Buruk, TP-PKK Citeureup Berikan Bantuan

TP-PKK Citeureup saat meninjau serta memberikan bantuan kepada balita yang terkonfirmasi gizi buruk di Citeureup, Kabupaten Bogor.

CITUEREUP-RADAR BOGOR, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Citeureup meninjau serta memberikan bantuan kepada balita yang terkonfirmasi gizi buruk atau stunting di Kampung Jagal, RT 05 RW 01, Desa Citeureup, Kabupaten Bogor.

Ketua TP-PKK Ayuningsih Purwaningsih menjelaskan, diketahui adanya balita terkonfirmasi stunting berdasarkan laporan posyandu. Balita tersebut berjenis kelamin perempuan dengan berat badan hanya 7 kilogram.

“Kami TP-PPK Desa Citeureup langsung ke lokasi, setelah kita lakukan pengukuran tinggi badan dan konidisnya, anak tersebut masuk dalam kategori stunting,” kata Ayuningsih kepada Radar Bogor, Senin (13/9).

Lebih lanjut Ayuningsih menjelaskan, balita tersebut terkonfirmasi stunting dilatar belakangi oleh kandungan yang kurang sehat.

“Bayi tersebut baru berumur satu tahun, Lalu kita adakan penimbangan ulang, beratnya 7 kilo, belum bisa berjalan, belum bisa duduk baru ada tumbuh gigi, ada permasalahan dari kandungan, sejak lahir beratnya hanya 1,6 kilo,” tambah Ayuning.

Selain itu, TP-PKK Citeureup memberikan bantuan berupa susu dan makanan pendamping serta akan memantau kembali kondisi balita tersebut.

“Nanti bulan depan kami akan pantau lagi, apakah ada kenaikan badan atau bagaimana,” Kata Ayuning.

Untuk antisipasi kedepannya Pemdes Citeureup juga membentuk tim pendamping keluarga, yang diisi oleh bidan desa, Posyandu, PKK, dan sub KB.

“Nanti tim ini akan memberi pemahaman bukan hanya kepada para ibu-ibu melainkan kepada yang akan nikah serta yang sedang mengandung untuk selalu menjaga dan memberikan asuapan bergizi,” pungkasnya. (cr)

Editor : Yosep