25 radar bogor

Piala Dunia Dua Tahun Sekali, Ini Tanggapan Gareth Southgate

Gareth Southgate. (Goal)
Gareth Southgate. (Goal)

LONDON—RADAR BOGOR, Manajer Inggris, Gareth Southgate mengaku baru saja bertemu dengan kepala pengembangan sepak bola global FIFA, Arsene Wenger, untuk membahas rencana menggelar Piala Dunia setiap dua tahun. Ia mengatakan berpikiran terbuka terhadap proposal tersebut.

FIFA mengadakan studi kelayakan untuk memperpendek jarak antara Piala Dunia pria dan Wanita dari empat tahun menjadi dua tahun. Itu menyusul permintaan dari Federasi Arab Saudi pada Mei yang disetujui oleh 166 asosiasi nasional.

Wenger, yang sekarang menjadi kepala pengembangan sepakbola global FIFA, juga mendukung rencana tersebut. Dan Southgate telah berbicara dengan Wenger tentang proposal tesebut. Menurut Southgate, selama kalender sepak bola tidak membuat kewalahan, itu tidak masalah.

“Saya benar-benar bertemu dengan Arsene beberapa minggu lalu, dia bertemu dengan beberapa pelatih yang berbeda jadi saya punya ide bagus tentang proposal itu,” kata Southgate dikutip dari Sky Sports.

Menurutnya, dia hanya bepikir seluruh kalender petandingan perlu ditinjau ulang. “Umpan balik saya adalah – saya tidak tahu bagaimana generasi kita akan menemukan Piala Dunia setiap dua tahun sebagai konsep yang aneh,” ujar Southgate.

“Tapi saya juga tahu bahwa hal-hal seperti The Hundred in Cricket telah menjadi kesuksesan yang luar biasa, jadi saya berpikiran terbuka tentang beberapa hal itu. Tetapi kalender umumnya perlu dirapikan,” lanjutnya.

Southgate menegaskan, dirinya setuju secara umum dengan konsep pertandingan dan dengan kualitas yang lebih baik. “Lebih sedikit pertandingan, kualitas yang lebih baik secara keseluruhan, tetapi ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan,” tandasnya. (fjr)