Beranda Pendidikan Wujudkan Revolusi Mental, Mahasiswa Baru IPB Kompak Bersinergi

Wujudkan Revolusi Mental, Mahasiswa Baru IPB Kompak Bersinergi

Wujudkan Revolusi Mental, Mahasiswa Baru IPB Kompak Bersinergi

RADAR BOGOR, Proyek Sinergi adalah bentuk integrasi 7 Habits dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Proyek Sinergi merupakan bentuk kerjasama Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University bersama dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Gerakan Nasional Revolusi Mental merupakan bentuk upaya perubahan mental yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

universitas pakuan unpak bogor

IPB University sebagai salah satu perguruan tinggi yang aktif melakukan kegiatan intergritas, etos kerja tinggi, dan gotong royong.

Proyek  Sinergi 7 Habits ini masih dalam satu rangkaian penugasan dari kegiatan 7 Habits sebelumnya yang melibatkan para mahasiswa baru, diikuti oleh 6.276 orang mahasiswa baru yang dibagi menjadi 1.150 kelompok.

Masing-masing tiap kelompok berisikan 6-8 orang. Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat proyek sosial/aksi sosial dengan tema “Gotong Royong Merajut Negeri Hadapi Pandemi”.

Para Mahasiswa baru terlebih dahulu diberikan pembekalan sebelum mengerjakan proyek sosial tersebut.

Pembekalan batch 1 dilakukan pada tanggal 24 Juli 2021 dan pembekalan batch 2 dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2021.

Waktu pengerjaan proyek sosial ini sendiri yaitu selama 3 bulan dari Agustus hingga Oktober 2021 mulai dari indentifikasi masalah sampai evaluasi.

Output yang diharapkan dari penugasan ini adalah pengalaman mahasiswa baru untuk belajar langsung di luar kampus. Agar lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya, mampu mengidentifikasi masalah, mampu mencari solusi dari permasalahan tersebut serta melatih softskill mereka.

Setiap kelompok ditantang untuk melaporkan kemajuan proyek setiap minggunya, mulai dari tahap identifikasi masalah, pemilihan masalah dan potensi solusi, penyusunan rencana proyek, persiapan, pelaksanaan dan dokumentasi sampai tahap evaluasi.

Output tersebut dikemas dalam bentuk publikasi di media massa dan video dokumentasi proyek sinergi.

Beberapa kelompok sudah mencapai tahap penyusunan rencana proyek dengan judul proyek, diantaranya adalah Sharing Session: Menjaga Motivasi Belajar di Masa Pandemi, Probasowa (Program Bantuan Sosial Mahasiswa), EPEDAMA (Edukasi Peran Orangtua dalam Pembentukan Moral Anak), AIOC (All in One Covid), dan lain-lain dengan latar belakang masalah yang berbeda-beda.

“Harapannya setelah mengikuti kegiatan 7 Habits ini yaitu para mahasiswa dapat merubah midsetnya menjadi growth mindset yang seperti IPB harapkan, menjadi pembelajar yang lincah, pemikir yang kritis, inovator yang unggul serta selalu mempunyai cita-cita yang tinggi. Setelah mendapat materi 7 Habits yang sangat bagus agar dapat lebih teraktualisasi tersampaikan materi dan ilmunya mahasiswa dapat mempraktekkan secara langsung dengan Proyek Sinergi ini,” ungkap Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir, Alim Setiawan Slamet.

Editor: Rany